6 Obat Mujarab yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung Naik ke Tenggorokan


Senin, 12 Oktober 2020 - 07:01:49 WIB
6 Obat Mujarab yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung Naik ke Tenggorokan Ilustrasi saat asam lambung naik ke tenggorokan.

HARIANHALUAN.COM - Mencari obat herbal asam lambung yang naik ke tenggorokan memang cukup menyulitkan, apalagi jika kejadiannya mendadak.

Nah jika Anda terbiasa merasakan asam lambung naik hingga ke tenggorokan, maka harus menyiapkan beberapa obat herbal. Hal ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat asam lambung naik.

Tentunya jika Anda ingin menyembuhkan asam lambung yang naik ke tenggorokan, harus menghindari obat-obat kimiawi. Karena ternyata ada obat herbal yang bekerja efektif.

Dikutip Viva.co.id, Senin (12/10/2020), berikut 6 obat herbal asam lambung yang naik ke tenggorokan yang bekerja efektif.

1. Soda kue

Selalu siapkan baking soda atau soda kue dan bukan baking powder atau bubuk pembuat kue. Soda kue tidak mahal dan sangat alami. Cukup larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam secangkir air dan minum seketika.

Soda kue akan membantu menetralkan asam lambung. Catatan: Soda kue mengandung natrium, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menjalani diet rendah natrium.

2. Jus lidah buaya

Obat herbal kedua asam lambung naik ke tenggorokan adalah jus lidah buaya. Ini banyak dijual di sebagian besar toko bahan makanan. Sama seperti lidah buaya yang digunakan untuk meredakan kulit yang terbakar sinar matahari.

Jus lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh refluks asam. Jika Anda mengalami sakit maag, ada baiknya untuk membiasakan minum setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan, untuk menjaga perut dan kerongkongan Anda tetap tenang.

3. Permen karet bebas gula

Air liur membantu mengencerkan asam, jadi meningkatkan jumlah produksi air liur setelah makan adalah cara yang bagus untuk membantu mencegah produksi asam lambung. Cobalah kunyah permen karet selama 30 menit untuk mengurangi mulas.

4. Cuka apel

Yang mengejutkan, obat herbal favorit asam lambung naik ke tenggorokan adalam cuka apel. Campurkan 3 sendok teh cuka apel dalam secangkir air, lalu minum sebelum makan atau sebelum tidur.

5. Makan pisang

Yang ini sangat mudah. Tahukah Anda kalau pisang mengandung antasida alami? Mulailah makan pisang setiap hari untuk membantu menangkal refluks asam. Jika Anda tidak punya pisang, apel sudah cukup.

6. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok, dan Anda membutuhkan alasan lain untuk berhenti, inilah salah satunya. Jika Anda memperhatikan refluks asam Anda semakin parah dan Anda seorang perokok, itu akan memperburuk kerongkongan Anda dan membuat semuanya sakit. Sekarang saat yang tepat untuk berhenti.

Perubahan gaya hidup

Tambahan lain untuk meredakan asam lambung yang naik ke tenggorokan adalah perubahan gaya hidup. Jika Anda kelebihan berat badan, melakukan sedikit perubahan pada pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik dapat meredakan mulas Anda.

Coba hilangkan makanan yang memicu mulas seperti makanan berlemak atau pedas, kafeina, cokelat, atau minuman berkarbonasi, untuk beberapa nama. Menghilangkan ini dari diet Anda dapat menghilangkan masalah sama sekali. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]