Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Kecamatan Batangkapas Lakukan Program Bantuan Jamban Keluarga


Senin, 12 Oktober 2020 - 11:19:36 WIB
Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Kecamatan Batangkapas Lakukan Program Bantuan Jamban Keluarga Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa

HARIANHALUAN.COM - Semua nagari di Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan program bantuan jamban bagi masyarakat miskin. Upaya itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir guna menjawab ketersediaan jamban keluarga bagi semua rumah tangga dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakatnya.

Camat Batangkapas, Wendra Rovikto mengatakan terkait upaya kecamatan itu dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya, terutama yang berasal dari keluarga miskin. Sehingga semua nagari di kecamatan tersebut telah memprogramkan bantuan jamban bagi masyarakat. 

"Bantuan dengan sasaran keluarga miskin ini, sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Senin (12/10).

Upaya itu dilakukan agar di kecamatan itu tidak lagi ditemui warga yang melakukan buang air besar (BAB) sembarangan. Dijelaskanya bahwa pada tahun 2019 lalu bantuan jamban bagi masyarakat miskin itu diprogramkan sebanyak 50 unit per nagari. Karena pandemi Covid-19 belum mereda, sehingga tahun 2020 ini disesuaikan dengan kemampuan nagari.

Sebab alokasi anggaran yang bersumber dari dana desa (DD) sebagian sudah diberikan untuk bantuan langsung tunai Covid-19 bagi masyarakat yang terdampak. Sehingga hal tersebut dilakukan karena tidak semua warga yang terakomodir oleh dana Kementerian Sosial, provinsi, maupun dana kabupaten.

Dia menambahkan bantuan jamban terhadap keluarga miskin itu sebagai pertanda bahwa Kecamatan Batangkapas termasuk salah satu kecamatan di Pessel yang memberikan dukungan penuh terhadap program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

"Tapi dalam mensukseskan berbagai program Germas tersebut, kita juga melakukan kerjasama dengan semua puskesmas yang ada di kecamatan ini," ujarnya.

Program bantuan jamban sehat yang dilakukan oleh semua nagari di Kecamatan Batangkapas itu, mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa. Satria mengatakan gerakan masyarakat hidup sehat dengan cara tidak BAB sembarangan, merupakan salah satu yang ingin dicapai oleh Pessel dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
Kegiatan Germas di Pessel saat ini sudah menjadi bagian dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat.

"Saya katakan demikian, sebab pelaksanaan Germas tidak lagi dilakukan di tingkat kecamatan, tapi telah sampai ke tingkat nagari. Makanya kami sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh semua nagari di Kecamatan Batangkapas ini," ujarnya.

Dia juga berharap apa yang sudah dilakukan oleh semua nagari di Kecamatan Batangkapas itu, juga ditiru oleh nagari lainnya di Pessel. Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Program itu memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

"Dengan diprogramkannya bantuan jamban oleh pemerintahan nagari melalui dana desa di Kecamatan Batangkapas itu, saya harapkan ini juga dapat ditiru oleh nagari lainya di Pessel. Sebab melalui upaya itu, kualitas dan derajat kesehatan masyarakat akan benar-benar bisa tercapai di daerah ini nantinya," harap Satria. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]