Bawaslu Padang Tertibkan Seratus Lebih APK Tidak Sesuai Aturan KPU


Senin, 12 Oktober 2020 - 14:08:40 WIB
Bawaslu Padang Tertibkan Seratus Lebih APK Tidak Sesuai Aturan KPU Bawaslu Padang Tertibkan Seratus Lebih APK Tidak Sesuai Aturan KPU

HARIANHALUAN.COM - Sesuai Aturannya, Jajaran Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Padang melakukan penertiban Baliho pasangan calon. Penertiban dilakukan bekerjasama dengan jajaran Satuan Polisi Praja, Satlantas Polresta Padang, Dimas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan.

"Ini dilakukan untuk mengatur jalannya penertiban dengan melibatkan instansi-instansi terkait," ujar Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra, Senin (12/10/2020).

Fokus penertiban ini, kata dia, baik baliho dibuat secara mandiri oleh pasangan calon, kemudian juga baliho-baliho yang merupakan dari program Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang belum dibukak ataupun dicopot.

"Tak hanya baliho yang menyangkut keempat pasangan calon, juga ditertibkan baliho seperti imbauan memakai masker, membayar pajak dan imbauan lainnya, baik imbauan oleh pemerintah provinsi maupun pemko Padang," terang Dorri.

Menurutnya, baliho yang menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) barus sama, baik yang dibuat oleh pemerintah maupun dibuat sendiri oleh pasangan calon. 

"Ukuran (baliho) yang dibuat oleh pasangan calon harus sama dengan apa yang telah ditetapkan KPU Provinsi Sumbar. Kemudian harus ada SK dari Provinsi setempat terkait penabahan Alat Peraga Kampanye (APK) ini. Jika sudah ada SK, Paslon dapat membuat baliho secara mandiri," sambungnya.

Permasalahannya sekarang, kata Dorri, sampai sekarang pihaknya belum mendapatkan info apakah ukuran sudah ditetapkan atau sudah ada SK untuk penambahan jumlah baliho tersebut.

"Kita sudah mendapatkan intruksi dari Bawaslu Provinsi untuk menertibkan secara mandiri. Kemudian baliho imbauan pemerintah kita juga sudah mendapatkan izin dari PLT Pemko Padang untuk ditertibkan," jelas Dorri.

Dijelaskannya, bahwa Bawaslu Kota Padang  dengan mengintuksikan Panwaslu Kecamatan dan Keluarahan telah melaksanakan penertiban selama dua hari dan rencananya akan akan dilaksanakan selama tiga hari. Jika dalam waktu tiga belum selesai, maka akan ditambah lagi harinya.

"Selama dua hari, APK yang tidak sesuai dengan aturan, baik baliho, spanduk, umbul-umbul dan lainya sekitar seratus lebih yang sudah kita ditertibkan," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]