Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal


Senin, 12 Oktober 2020 - 23:46:12 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal Uji swab dimaksimalkan secara massal di Solsel.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) sesuai instruksi Pjs Bupati Jasman Rizal gencar lakukan uji swab massal. Hal ini diyakini sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kabupaten Sarantau Sasurambi ini. Seiring dengan itu, pada Senin (12/10/2020) dilakukan uji swab massal terhadap 242 orang yang berasal dari berbagai instansi yang ada di Solsel. 

Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman mengatakan 242 sample itu diambil dari jajaran Polri, ASN dan masyarakat. Diantaranya, 125 sample dari jajaran Polres Solsel, 39 sample dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), 26 sampel dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP), 6 sample dari Puskesmas Talunan. 15 dari puskesmas Pekan Selasa, 15 sampel dari Puskesmas Muara Labuh dan 16 sampel dari Puskesmas Lubuk Gadang.

Baca Juga : Personel Polri dan ASN Polres Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

"Selanjutnya, dari 242 orang yang telah diambil sampelnya ini akan dikirimkan ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand," ujar  Novirman.

Selain itu, hal ini bertujuan supaya dapat mendeteksi masyarakat yang terkena secara dini untuk segera dilakukan penanganan selanjutnya. Novirman juga menjelaskan hingga Senin (12/10) di Solsel terjadi penambahan, positif Covid-19 sebanyak 4 orang. "Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Solsel berjumlah 49 orang. Sebanyak 25 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan 24 orang dalam perawatan/isolasi," ucapnya.

Baca Juga : Pemkab Agam Seleksi Kafilah Menjelang MTQN Sumbar ke-39

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk terus membiasakan diri untuk menggunakan masker, sebab masker diyakini mampu menghambat penyebaran virus. "Penelitian mengungkapkan, masker bisa melindungi saluran pernapasan dari penularan virus. Sebab virus bisa menyebar melalui percikan atau droplet  dan diperkirakan dapat menyebar hingga jarak 6 kaki atau sekitar 1,8 meter," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli Bridge | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]