Puluhan Tahun Diabaikan, Kunjungan Mulyadi ke Langgai Pessel Disambut Antusias Masyarakat


Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:38:19 WIB
Puluhan Tahun Diabaikan, Kunjungan Mulyadi ke Langgai Pessel Disambut Antusias Masyarakat Kunjungan Mulyadi ke Langgai Pessel Disambut Antusias Masyarakat

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi melakukan kunjungan ke salah satu daerah di Pesisir Selatan, Langgai di Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih. Daerah ini dikategorikan terisolir karena akses jalan menuju daerah ini sulit dan membahayakan. Selain itu, sinyal komunikasi pun tidak tersedia.

Puluhan tahun terisolir, kini masyarakat Langgai menginginkan perubahan. Hal itu diperlihatkan tingginya antusias masyarakat di sepanjang Jalan Ps. Surantih-Langgai menyambut kedatangan Mulyadi.

Mulyadi beberapa kali berhenti untuk menyapa masyarakat yang ingin bertemu dengan dirinya. Keluhan hati masyarakat pun pecah di hadapan Mulyadi. Mereka merasa diabaikan karena tidak merasakan pembangunan dari pemerintah.

Memang, jalan menuju Langgai dalam kondisi yang rusak. Selain itu, jembatan kurang memadai. Ditambah lagi tidak adanya sinyal komunikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Tokoh masyarakat Langgai, Zaini Efendi (45) begitu berterima kasih dengan kedatangan Mulyadi. Dia mengatakan daerahnya seperti tidak diperhatikan oleh pemerintah. 

Semenjak dibangun pada zaman Darizal Basir tahun 1998, jalan menuju kampung mereka diabaikan. Tidak ada lagi pembangunan sehingga akses begitu memprihatinkan dan membahayakan bagi masyarakat.

"Karena kami daerah terisolir yang sulit dijangkau dengan pembangunan. Mudah-mudahan dengan kunjungan Bapak Mulyadi mendapat berkah dan diizinkan oleh Allah SWT sebagai gubernur," ucap Zaini Efendi di Langgai, Sutera, PesSel, Senin (12/10/2020).

Dia tahu bahwa pria kelahiran Bukittinggi itu banyak membantu infrastruktur bagi masyarakat bahkan di PesSel membantu Jalan Painan-Tapan. Zaini menyampaikan, menumpangkan harapan kepada Mulyadi merupakan keputusan tepat.

Dia berharap jalan menuju Langgai juga diberi perhatian. Sehingga masyarakat yang menunggu perubahan puluhan tahun bisa terwujud. Sehingga akses masyarakat bisa lancar tanpa harus melewati jalur yang membahayakan. 

Sebagai bentuk optimismenya, Zaini mewakili masyarakat Langgai siap berjuang dan memberikan suara kepada Mulyadi yang disebut-sebut kandidat terkuat pada Pilgub Sumbar 2020. Sehingga perubahan di depan mata cepat terwujud bersama Mulyadi-Ali Mukhni.

"Kalau bapak terpilih sebagai Gubernur Sumatera Barat, harapan kami sangat besar. Kami masyarakat agar jalan Langgai untuk diaspal. Kami masyarakat siap untuk memperjuangkan Bapak Mulyadi, kami siap untuk memilih," tandas Zaini.

"Daerah Gantiang Mudiak Utara Surantih sepakat masyarakat satu suara yaitu Bapak Mulyadi nomor 1," pungkasnya yang disambut tepuk tangan masyarakat Langgai lainnya.

Warga lainnya, Iren (42) tahun menyebut dirinya dan masyarakat tidak meminta apapun kepada Mulyadi kecuali perbaikan jalan. Dia menyebut selama ini masyarakat menderita dengan akses jalan seperti itu.

"Kami hanya minta jalan kami diperbaiki, pak. Itu saja," ucap Iren kepada Mulyadi.

Menanggapi keluhan masyaarakat tersebut, Mulyadi menyampaikan akan memprioritaskan jalan Ps. Surantih-Langgai. Karena jalan tersebut kewenangan provinsi jadi harus diprioritaskan karena tidak ingin melihat masyarakat puluhan tahun menikmati jalan rusak. 

"Kami akan memberikan prioritas karena ini (Jalan Langgai) permintaan khusus dari Pak Darizal Basir dan Alirman Sori tokoh pesisir Selatan. Yang paling penting adalah harus dapat sentuhan dari provinsi, jangan sampai selama hampir puluhan tahun, sepuluh tahun lebih, kondisi jalan di sini tidak berubah," kata Mulyadi.

Melihat komitmen Mulyadi, masyarakat pun menjadi lega. Dia menumpangkan harapan besar kepada Cagub nomor 1 tersebut. Mereka yakin dengan pengalaman dan kerja nyata yang dimiliki oleh Mulyadi maupun Ali Mukhni mampu memperjuangkan harapan mereka. Saat Mulyadi ingin meninggalkan Langgai pun, mereka melepas Mulyadi dengan teriakan "Pilih No 1, Pak Mulyadi.". (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]