Tapal Batas Menjadi Pemicu Bentrok Anatara Dua Nagari di Tanah Datar


Selasa, 13 Oktober 2020 - 17:43:18 WIB
Tapal Batas Menjadi Pemicu Bentrok Anatara Dua Nagari di Tanah Datar ilustrasi 'cakak' banyak antar warga

HARIANHALUAN.COM-- Disinyalir karena permasalahan tapal batas, warga Nagari Padang Laweh Malalo bentrok dengan Nagari Sumpur di Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Akibatnya, satu pleton Brimob Padang Panjang diturunkan untuk membantu jajaran Polres Padang Panjang untuk melakukan penjagaan di lokasi jika bentrokan kembali terjadi.

Diinformasikan, sebelumnya juga telah terjadi bentrokan tersebut yakni pada bulan Desember 2019 lalu dan kedua belah pihak sudah diam setelah di mediasi oleh pihak terkait. Kemudian kemarin kembali terjadi dengan permasalahan yang sama. 

"Setelah bentrokan pertama, masing-masing pihak sudah sepakat untuk menahan diri setelah di mediasi oleh pihak kepolisian," ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto, membenarkan kejadian itu, Selasa (14/10/2020).

Kemudian pada Senin (12/10/2020) kemarin, kata dia, kedua pihak kembali bentrok dengan permasalahan yang sama. Dalam bentrokan itu, sejumlah kendaraan dan rumah menjadi sasaran.

"Setidaknya 11 kendaraan roda dua dan satu unit rumah menjadi sasaran warga. Untuk menanggapi hal itu, tadi malam kembali dilakukan mediasi antara warga kedua Nagari tersebut," terang Bayu.

Ditambahkannya,untuk objek yang menjadi pangkal permasalahan itu sedang diproses di pengadilan dan belum ada kepastian hukum dan untuk sementara waktu, perkara yang disengketakan tersebut masih berstatus quo.

"Untuk mengantisipasi kembali terjadinya bentrok, setidaknya satu pleton Brimob Padang Panjang dikerahkan kelokasi untuk membantu Polres setempat," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 April 2020 - 16:26:30 WIB

    Mapala Poltapala Bagikan Ratusan Masker di Pasar Sarilamak

    Mapala Poltapala Bagikan Ratusan Masker di Pasar Sarilamak PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Mapala Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Mapala Poltapala) juga aktif melakukan berbagai kegiatan Sosial Kemasyarakatan, salah satunya upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Cov.
  • Senin, 24 April 2017 - 13:17:09 WIB

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas PADANG, HALUAN – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan penyelesaia.
  • Jumat, 21 April 2017 - 10:51:52 WIB

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan p.
  • Sabtu, 04 Februari 2017 - 19:14:41 WIB

    Sembilan Segmen Tapal Batas di Sumbar Bakal Selesai Tahun Ini

    Sembilan Segmen Tapal Batas di Sumbar Bakal Selesai Tahun Ini PADANG, HALUAN--Tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Sumbar menargetkan akan menyelesaikan 9 segmen tapal batas yang ada di kabupaten kota..
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:46:42 WIB

    Tapal Batas Agam-Pasbar Segera Ditetapkan

    PADANG, HALUAN — Da­lam waktu dekat, Kabu­pa­ten Agam dan Pasaman Barat (Pasbar) akan mendapatkan kejelasan batas wilayah. Di­ren­canakan tanggal 7 No­vember 2016 Tim Penegasan Batas Daerah pusat bersama provinsi dan .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]