Setelah Pesta Perkawinan, Dinas Pendidikan Sumbar juga Keluarkan Larangan Demo


Rabu, 14 Oktober 2020 - 10:00:28 WIB
Setelah Pesta Perkawinan, Dinas Pendidikan Sumbar juga Keluarkan Larangan Demo Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri.

HARIANHALUAN.COM - RUU Ciptaker yang sudah disahkan beberapa waktu yang lalu menuai kontroversi dengan adanya berbagai aksi penolakan dari masyarakat. Banyak masyarakat, mahasiswa hingga peserta didik (siswa) turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan tersebut. Kemudian, aksi yang juga terjadi di Kota Padang beberapa hari terakhir menjadi perhatian serius bagi Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Pasalnya, pada kegiatan aksi tersebut disinyalir banyak melibatkan peserta didik SMK ataunpun SMA. Sehingga, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi mengenai larangan peserta didik untuk ikut dalam kegiatan aksi tersebut.

Pada surat edaran yang dikeluarkan pada tanggal 12 Oktober 2020 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri meminta kepada seluruh Kepala Cabang Dinas Wilayah I s.d. VIII dan Ketua MKKS Kab/Kota se-Sumbar agar memerintahkan setiap kepsek untuk melarang peserta didik (siswa) mengikuti aksi unjuk rasa.

Adib menegaskan dalam surat tersebut jika peserta didik masih mengikuti demo penolakan terhadap UU Ciptaker, maka akan mendapatkan sanksi tegas. Sanksi yang diberikan bagi peserta didik yang tertangkap maka akan melalui proses hukum yang berlaku. Tak hanya itu, nantinya siswa yang tertangkap tidak bisa mendapatkan surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian.

Surat edaran tersebut bukan yang pertama dikeluarkan pemerintah di Sumbar. Pada tanggal yang sama, Pemerintah Kota Padang juga mengeluarkan surat edaran terkait larangan pelaksanaan pesta perkawinan dan pengawasan ketat bagi pelaku usaha dalam mengurangi angka positif Covid-19. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]