KPU Pasaman Serahkan Ratusan APK dan Ribuan Bahan Kampanye ke Paslon Benny-Sabar


Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:47:43 WIB
KPU Pasaman Serahkan Ratusan APK dan Ribuan Bahan Kampanye ke Paslon Benny-Sabar Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi menyerahkan APK dan BK kepada Sekretaris Tim Kampanye Paslon Benny-Sabar.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye kepada pasangan calon Benny Utama-Sabar AS, dalam pemilihan serentak 2020, Rabu (14/10/2020).

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengatakan, kewajiban KPU memfasilitasi pencetakan alat peraga kampanye dan bahan kampanya bagi pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada. Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang tentang kampanye Pilgub, Pilbup dan Pilwako. 

"KPU hanya memfasilitasi, namun seluruh desain dan materinya berasal dari Paslon atau tim kampanye yang harus diserahkan ke KPU paling lambat 5 hari setelah ditetapkan sebagai pasangan calon," katanya.

Penyerahan tersebut, kata dia, dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Pasaman. Penyerahan APK dan BK ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima antara KPU dengan tim kampanye paslon.

"Ada dua jenis yang diserahkan, yaitu bahan kampanye dan alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU Pasaman," ujarnya.

Adapun rincian APK dan Bahan Kampanye (BK) yang diserahkan oleh KPU kepada tim paslon Benny-Sabar. Sebagai berikut, selebaran (flayer) 23.494 lembar, brosur 31.325 lembar, poster 39.157 lembar, baliho 5 buah, umbul umbul 240 buah dan Spanduk 74 buah.

"APK ini hanya boleh dipasang pada lokasi (zona) pemasangan APK yang sudah ditetapkan melalui keputusan KPU, dengan tetap memperhatikan ketentuan pada PKPU, estetika pemasangan serta tempat-tempat yang dilarang oleh aturan," ujarnya.

KPU mengatur ada beberapa titik yang tidak boleh dipasangi APK paslon peserta Pilkada. Artinya lokasi itu bebas dari pemasangan APK. Lokasi tersebut adalah tempat ibadah, lembaga pendidikan, rumah sakit atau layanan kesehatan hingga gedung atau fasilitas umum milik pemerintah.

Sedangkan bahan kampanye, lanjut Rodi, dapat disebarkan oleh paslon pada pelaksanaan kampanye pertemuan terbatas, tatap muka atau dialog, dengan catatan paslon wajib mematuhi aturan Protokol Kesehatan penanggulangan Covid-19.

"Kampanye, tidak boleh menimbulkan kerumunan. Paslon harus patuhi protkes Covid-19," imbuhnya.

Kemudian, kata Rodi, paslon juga diperbolehkan mencetak sendiri APK dan bahan kampanye tambahan dengan ketentuan, ukurannya harus sesuai dengan ukuran APK dan bahan kampanye yang difasilitasi oleh KPU. Dengan catatan tidak boleh melebihi ketentuan berlaku.

"Perihal ini sesuai keputusan KPU Nomor 465/PL.02.4-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye. Paslon atau tim kampanye harus melaporkan secara tertulis kepada KPU untuk ukuran, jenis, dan jumlah APK atau Bahan Kampanye yang dicetak sendiri," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]