Selama Tiga Hari, Ribuan APK Ditertibkan Bawaslu Kota Padang


Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:15:17 WIB
Selama Tiga Hari, Ribuan APK Ditertibkan Bawaslu Kota Padang Ribuan alat peraga kampanye ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Padang

HARIANHALUAN.COM -- Ribuan alat peraga kampanye ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Padang. Jumlah sebanyak itu terjadi setelah perpanjangan waktu penertiban APK yang telah melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Sebelumnya penertiban dijadwalkan selama tiga hari, namun karena masih banyak ditemukan APK, seperti spanduk, baliho, umbul-umbul dan lainnya yang masih terpampang di sejumlah lokasi di Kota Padang, maka disepakati untuk menambah hari penertiban.

"Kita sepakat untuk memperpanjang waktu penertiban APK keempat pasangan calon (paslon) yang melanggar PKPU," Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra, Rabu (14/10/2020).

Terhitung sejak Senin (12/10/2020) hingga Rabu (14/10/2020), kata dia, telah ribuan APK yang ditertibkan bersama dengan personil dari Sat PP, Satlantas, Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), baik APK keempat paslon maupun APK imbauan pemerintah.

"Jumlah tersebut sudah masuk pembongkaran APK, seperti baliho yang berisi tentang imbauan pemerintah tentang wajib memakai masker dan imbauan lainnya," terangnya.

Ditambahkannya, selain untuk menindaklanjuti peraturan PKPU, tujuan dari pembakaran ini supaya Kota Padang bisa terlihat lebih bersih. Selain itu, pembongkaran PAK ini dilaksanakan secara serentak.

"Kami juga mengerahkan seluruh pengawal pemilu, baik tingkat Kecamatan hingga ke tingkat kelurahan," tukasnya lagi.

Dikatakannya, penertiban berjalan lancar sampai hari ini. Bawaslu Kota Padang juga telah membuat nota kesepahaman dengan Leison Officer pasangan calon di tingkat Kota Padang. Selain dibongkar petugas, ada juga baliho yang dibongkar oleh tim pasangan calon sendiri.

"Kita sudah mendapatkan intruksi dari Bawaslu Provinsi untuk menertibkan secara mandiri. Kemudian baliho imbauan pemerintah kota juga sudah mendapatkan izin dari PLT Pemko Padang untuk ditertibkan," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]