Tidak Hadir Debat Politik, Kesiapan Ali Mukhni Dipertanyakan?


Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:48:08 WIB
Tidak Hadir Debat Politik, Kesiapan Ali Mukhni Dipertanyakan? Foto: Istimewa

Rabu malam 14 Oktober 2020 Padang TV mengadakan acara debat dengen tema Adu Strategi Pengembangkan BUMD dengan mengundang semua kandidat calon wakil gubernur yang akan berlaga pada kontestasi Pilgub Sumbar 2020. Punggung publik seperti ini sangat perlu diapresiasi karena dari sinilah masyarakat bisa mengetahui kualitas kepala daerah yang akan memimpin Sumbar lima tahun kedepan.

Oleh Reido Deskumar

Baik itu dari segi ide, gagasan, pemikiran serta program-program kerja yang akan dihadirkan untuk masyarakat Sumbar. Dan dengan panggung publik seperti ini, bisa langsung menakar mental calon pemimpin beradu gagasan dengan panelis maupun antar satu kandidat dengan kandidat lainnya.

Dengan kemudahan teknologi, acara ini sangat bisa langsung dilihat melalui live streaming kanal youtube Padang TV. Dapat dibayangkan ribuan mata melihat acara yang hanya berlangsung 2 jam saja. Sehingga punggung publik ini bisa dikatakan sebagai media yang sangat efektif mengkampanyekan diri dimasa pandemi. Sangat beruntung sekali jika kandidat bisa tampil dengan performa terbaik meyakinkan masyarakat.

Debat malam tadi merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat baik yang ada di Sumbar maupun luar Sumbar. Apalagi ini merupakan debat pertama yang disiarkan langsung oleh televisi daerah dengan mengangkat sebuah topik penting dengan menyeret calon wakil gubernur ke ranah publik. Masyarakat tidak lagi melihat campaign kandididat melalui spanduk, media sosial bahkan slogan yang disebar, dikarenakan hal ini sudah biasa. Akan tetapi kandidat ditarik ke ranah publik melalui siaran langsung media televisi daerah secara bersamaan merupakan hal yang luar biasa.

Cawagub Ali Mukhni Tidak Hadir

Acara Debat malam tadi yang diadakan Padang TV sangat direspon baik oleh Indra Catri, Genius Umar dan Audy Joinaldy. Mereka sangat kooperatif dengan undangan tersebut. Hanya saja, debat tersebut kurang lengkap tanpa kehadiran Ali Mukhni, cawagub nomor urut satu yang berpasangan dengan Mulyadi.

Ali Mukhni tak bisa lantaran karena berhalangan sebab ada agenda di daerah. Informasi itu disampaikan Nashrian Bahzein moderator acara bahwa Ali Mukhni tidak bisa hadir dikarenakan sedang berada di daerah Lubuk Sikaping.

Ketidakhadiran Ali Mukhni menimbulkan berbagai macam spekulasi di tengah-tengah masyarakat. Alangkah baiknya Ali Mukhni bisa mencari alternatif lain agar sosok dan pemikirannya tetap hadir diacara debat semalam.

Audy Joinaldy misalnya, berani meng-cancel acara di Solok Selatan yang sudah dijadwalkan jauh hari dan itu tidak hanya satu titik, akan tetapi ada  tujuh belas titik kunjungan yang dibatalkan demi hadir di depan publik menyampaikan pemikiran, adu gagasan dan program dengan kandidat lain.

Hal ini sangat berbeda dengan Audy Joinaldy yang belum punya pengalaman jabatan politik akan tetapi tetap kooperatif hadir dan menyampaikan gagasan pemikiran serta narasinya. Hal hasil anak muda millenial ini mampu menyampaikan pemikiranya begitu sistematis,  terstruktur, dan terukur dengan topik yang diangkat. Walaupun berhadapan dengan kandidat yang sudah menjadi walikota dan bupati sekalipun. (**)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 Oktober 2020 - 20:35:09 WIB

    Tidak Ada Gunanya Peringatan Sumpah Pemuda Jika Pemuda Tidak Diberikan Kesempatan Memimpin

    Tidak Ada Gunanya Peringatan Sumpah Pemuda Jika Pemuda Tidak Diberikan Kesempatan Memimpin Setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Salah satu momen bersejarah dari perjalan panjang republik ini. Sembilan puluh dua tahun sudah anak-anak muda bergerak bersama, berhimpun menjadi satu d.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 19:43:53 WIB

    Miko Kamal: Rugi Rakyat Sumbar Tidak Memilih Audy

    Miko Kamal: Rugi Rakyat Sumbar Tidak Memilih Audy Namanya Audy. Lengkapnya Audy Joinaldy. Orang-orang dekatnya memanggilnya Audy. Saya kadang memanggilnya Datuak Audy. Audy memang datuak sebenar datuak. Baru-baru ini gelar datuaknya dikukuhkan dan dilewakan. Beliau datuak ba.
  • Ahad, 06 September 2020 - 06:08:18 WIB

    Sumbar, Pancasila, dan Ketidakmengertian Puan

    Sumbar, Pancasila, dan Ketidakmengertian Puan Pernyataan Puan Maharani “Semoga Sumbar menjadi pendukung Negara Pancasila” menuai banyak kecaman. Dalam amatan penulis, di sejumlah sosial media, kecaman itu datang tidak hanya dari yang bersuku Minang (Sumbar) saja namu.
  • Sabtu, 11 April 2020 - 08:43:53 WIB

    Pandemi Covid-19, Ketidakpastian Global, dan Masa Depan Dunia

    Pandemi Covid-19, Ketidakpastian Global, dan Masa Depan Dunia Sebuah abad ketidakpastian tapi juga peluang, dengan frasa lain, ketidakpastian sebagai sebuah ruang untuk membentuk masa depan. Demikian Cohen dan Kennedy menuliskan dalam Global Sociology (2013; 27 - 29) untuk menginterpret.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]