Ini Dia 12 Program Unggul Paslon Tri Suryadi-Taslim di Padang Pariaman


Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:52:06 WIB
Ini Dia 12 Program Unggul Paslon Tri Suryadi-Taslim di Padang Pariaman Paslon Tri Suryadi-H.Taslim

HARIANHALUAN.COM - Saat ini, Kabupaten Padang Pariaman harus punya pemimpin yang paham akan kebutuhan masyarakat. Defisit dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah harus segera ditindaklanjuti. Selain itu, banyak pekerjaan berat yang menanti paslon Tri Suryadi-H.Taslim ini. Berdasar data BPS tahun 2019, ada 5,97 persen angka kemiskinan di Padang Pariaman dengan jumlah penduduk miskin tahun 2019 mencapai 29,48 persen.

Selain itu, realisasi investasi di Kabupaten Padang Pariaman pada triwulan I 2020 Rp14,2 miliar atau mengalami penurunan mencapai 21,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Realisasi investasi tersebut baru 8,9 persen dari target yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman pada 2020 yaitu Rp160 miliar.

Sedangkan, realisasi investasi di Padang Pariaman pada 2019 mencapai Rp256 miliar atau 65 persen dari Rp155 miliar target yang diterapkan. Meski saat ini diterapkan Pembatasan Sosial Bersakala Besar tingkat provinsi namun aktivitas perusahaan di daerah itu tetap berjalan. Sebelumnya realisasi investasi di Kabupaten Padang Pariaman 2019 mencapai Rp256 miliar yang bersumber dari penanam modal dalam negeri (PMDN) dan penanam modal asing (PMA).

Besaran investasi dari PMDN pada 2019 mencapai Rp254 miliar, naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp245 miliar. Sedangkan realisasi investasi dari PMA 2019 Rp2,1 miliar sedangkan tahun sebelumnya Rp27 miliar. Hal inilah yang akan menjadi kerja berat bagi Tri Suryadi-H. Taslim jika nanti terpilih menjadi orang nomor satu di Padang Pariaman. 

Tidak hanya itu, sejumlah bangunan vital yang sudah berdiri dan sedang dikerjakan sebut saja, Stadion Utama Sumbar, Politeknik Pelayaran Sumbar, Asrama Haji Padangpariaman, MAN Insan Cendikia Padangpariaman dan Tol Padangpariaman-Pekanbaru juga harus menjadi catatan penting bagi Wali Feri dan Andah agar bisa direalisasikan. 

Untuk mencapai itu, ada 12 program unggulan (progul) dari pasangan Tri Suryadi-H.Taslim guna tetap menjaga kondisi Padang Pariaman tetap kondusif dan punya daya saing dengan kabupaten-kabupaten lainnya. Yang pertama ini ada 'Kitocerdas', dimana paslon nomor urut 2 ini menyiapkan pengembangan program beasiswa sarjana, spesialis, master dan program doktoral bagi masyarakat berprestasi untuk meningkatkan sumber daya manusia. 

Kedua, ada program "sikolasurau" yang menggalakkan kegiatan di surau untuk mengisi magrib dan subuh berjamaah. Ketiga, "tuangkupreneur" yakni, optimalisasi peran pemerintah Nagari, alim ulama dan niniak mamak dengan menjadikan masjid sebagai tempat utama dalam pembentukan karakter anak Nagari yang agamais dan berbudaya berbasis wirausaha (entrepreneur).

Keempat, pengembangan program majelis taklim berbasis wirausaha Syari’ah yang bernama “Taklimpreneur”. Kelima, membangun program “Rumahkreatif” sebagai inkubator bisnis dalam menghasilkan startup bisnis di daerah padang pariaman. Keenam, pembangunan “Islamic & Entrepreneur Center” Padang Pariaman sebagai pusat pendidikan dan perkembangan lintas generasi islam di daerah tersebut. 

Ketujuh, yakni, Padang Pariaman Sehat yang tentu saja lebih menitikberatkan kepada kesehatan masyarakat. Kedelapan, ada program untuk enciptakan ketahanan pangan masyarakat dengan melakukan pembinaan, fasilitasi pemodalan yang dinamakan “PetaniHebat”. Kesembilan, pengembangan program “Mudopreneur” bagi starup milenial kreatif. Kesepuluh, mendorong terwujudnya 100 BUMNag yang mandiri dan berdaya saing dengan “CEGAK“ (ciek nagari ciek produk).

Kesebelas, ada konsep Nagari Santiang (smart village) secara bertahap untuk 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang ada, dalam mewujudkan pelayanan prima dan terbuka kepada masyarakat menggunakan program “MEMANG DAHSYAT” (membangun ruang diskusi dengan masyarakat) dengan membangun 17 taman pada masing-masing kecamatan sebagai ruang diskusi.

Terakhir atau keduabelas, ada program membangun atau menyiapkan “rumahsehat” pada masing-masing kecamatan untuk rumah isolasi pasien yang terkena wabah penyakit dengan menyiapkan 17 unit pada masing-masing kecamatan berkoordinasi dengan dinas terkait. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]