Program Rumah untuk MBR di Kota Pariaman Gagal, Ini Alasannya


Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:45:52 WIB
Program Rumah untuk MBR di Kota Pariaman Gagal, Ini Alasannya Kabid Perkim, Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Muliawan.

HARIANHALUAN.COM - Progran peningkatan kualitas rumah untuk Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR) melalui DAK tahun 2020 senilai Rp2,2 miliar di Kota Pariaman tak jadi dilaksanakan. Kepala bidang Perkim, Dinas Perkim LH Kota Pariaman, Muliawan menjawab harianhaluan.com, Kamis (15/10/2020). Dia menyebut, program itu tak jadi dilaksanakan karena tak terkejar waktu.

Dana tersebut semula ada, namun di perjalanan terhenti karena Covid - 19 dan beberapa bulan setelah itu dana keluar lagi dengan nama cadangan. Tapi, waktunya untuk pelaksanaan kegiatan terlalu sempit, itulah sebabnya tak jadi atau gagal dilaksanakan kegiatan itu. Sebab, kata Muliawan, setelah edaran dana cadangan keluar, kalau program dilanjutkan yang harus dilakukan diantaranya rekrut untuk tim fasilitator. 

"Selain itu, mengadakan rembuk desa dan pembentukan kelompok, belum lagi ketentuan lainya termasuk proposal pengajuan pencairan dana pada akhir oktober, jadi memang tak terkejar waktu," kata Muliawan.
 
Dan lagi, memang perumahan itu sudah didata dan diusulkan ke Tim Verifikasi DAK Kementerian PU, tapi seperti demikianlah akhirnya. Kalau diteruskan pelaksanaanya, terlebih dulu harus dilakukan, diantaranya rekrut tim fasilitator. Melaksanakan rembuk desa dan pembentukan kelompok, ini cukup memakan waktu. Begitupun dengan pengajuan proposal untuk pencairan dana akhir Oktober ini, jadi memang tak cukup waktu.
   
"Program peningkatan kualitas rumah MBR itu besar bantuanya Rp17,5 juta per rumah, tapi bagaimana lagi. Namun demikian, pihaknya mengusulkan lagi ke Kementerian PU  untuk tahun 2021. Mudah-mudahan tahun depan usulan yang diajukan membuahkan hasil," kata Muliawan. (*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]