Vaksin Tak Aman? Ini Kata Satgas Covid-19


Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:07:53 WIB
Vaksin Tak Aman? Ini Kata Satgas Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito angkat bicara soal adanya kekhawatiran sebagian masyarakat akan keamanan vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan.

Wiku Adisasmito mengungkapkan selama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengawal pengadaan vaksin Covid-19. Mulai dari evaluasi terhadap protokol uji klinis, hingga inspeksi dengan tujuan memastikan keamanan dan efektivitas dari vaksin tercapai.

"Selain itu persyaratan mutu produk, sarana produksi vaksin, dan penyelesaian produk juga diperhatikan sehingga bila ada izin edar obat oleh BPOM sesuai dengan hasil yang didapatkan. Belum ada laporan efek samping dari relawan terhadap uji klinis itu," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Terkait vaksinasi yang akan dilakukan, Wiku mengungkapkan saat ini peta jalan (road map) vaksinasi sedang disiapkan oleh pemerintah terutama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang didukung lembaga lain dalam komite.

"Diharapkan peta jalan ini bisa diselesaikan dan jadi langkah konkret dan bisa disampaikan dalam program vaksin ini. Vaksinasi dilakukan berdasarkan tingkat risiko yang dimiliki masyarakat," terang Wiku.

"Rincian vaksinasi dalam tahap finalisasi dan akan mempertimbangkan kriteria dan prioritas penerima yang mengacu pada Perpres. Pemerintah tetap akan berusaha alokasi mengutamakan asas keadilan, masyarakat mohon bersabar dan menunggu informasi satgas, dan mematuhi protokol kesehatan."(*)

loading...
 Sumber : CNBCindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]