Golongan Darah O Lebih 'Kebal' COVID-19, Ini Keistimewaan Lainnya


Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:11:39 WIB
Golongan Darah O Lebih 'Kebal' COVID-19, Ini Keistimewaan Lainnya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Golongan darah O lagi-lagi disebut lebih 'kebal' terhadap virus Corona COVID-19. Dua studi terbaru mempertegas anggapan tersebut, menyatakan golongan darah O lebih kecil kemungkinannya terpapar COVID-19.

Bahkan jika terinfeksi COVID-19, golongan darah O disebut tidak berisiko mengalami sakit parah. Dalam studi di Denmark, dari 7.422 orang yang dites positif COVID-19, hanya 38,4 persen yang memiliki golongan darah O.

Sementara dalam studi lain, para peneliti di Kanada menemukan bahwa di antara 95 pasien yang mengalami gejala parah akibat COVID-19, pasien dengan golongan darah A atau AB sebanyak 84 persen, membutuhkan alat bantu pernapasan, dibandingkan dengan pasien golongan darah O atau B, sebanyak 61 persen.

Selain disebut lebih 'kebal' terhadap COVID-19, ternyata pemilik golongan darah O juga memiliki keistimewaan lain, di antaranya sebagai berikut.

Donor universal
Orang dengan golongan darah O dapat mendonorkan darahnya ke semua tipe golongan darah. Hal ini karena golongan darah O tidak memiliki antigen seperti golongan darah lainnya, sehingga reaksi yang timbul saat transfusi darah akan menjadi lebih kecil.

Namun, dengan catatan bahwa golongan darah O positif hanya bisa mendonorkan ke sesama rhesus positif (O+, A+, B+, AB+). Sementara untuk golongan darah O negatif bisa mendonorkan ke semua tipe golongan darah, baik positif maupun negatif.

Risiko penyakit jantung lebih kecil
Dibandingkan dengan golongan darah lain, seperti A, B, dan AB, orang dengan golongan darah O punya risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung koroner.

Hal ini karena golongan darah O memiliki jumlah protein yang lebih rendah, sehingga lebih terlindungi dari risiko pembekuan darah.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 14:33:17 WIB

    Jangan Senang Dulu! Golongan Darah O 'Kebal' Covid-19, Tapi...

    Jangan Senang Dulu! Golongan Darah O 'Kebal' Covid-19, Tapi... HARIANHALUAN.COM - Dua studi terbaru menyebut golongan darah O punya kerentanan lebih rendah untuk mengalami komplikasi virus Corona COVID-19. Namun tidak serta merta bisa diartikan 'kebal', sehingga tetap harus waspada..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 11:12:54 WIB

    Wah, Orang Bergolongan Darah O atau B Tak Mudah Terpapar Covid-19

    Wah, Orang Bergolongan Darah O atau B Tak Mudah Terpapar Covid-19 HARIANHALUAN.COM-Orang dengan golongan darah O atau B memiliki risiko lebih rendah terkena virus corona dan tidak mengalami sakit parah ketika mereka terinfeksi Covid-19, atau lebih tahan/kebal..
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 18:07:48 WIB

    Golongan Darah Ini Ternyata Lebih Kebal Covid-19

    Golongan Darah Ini Ternyata Lebih Kebal Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sejumlah studi menunjukkan bahwa golongan darah dapat berperan mempengaruhi tingkat kerentanan infeksi Covid-19. Namun yang harus diingat bukan berarti orang dengan golongan darah jenis tertentu bisa lebih .
  • Senin, 15 Juni 2020 - 06:50:45 WIB

    Orang dengan Golongan Darah Ini Berisiko Kecil Tertular Covid-19

    Orang dengan Golongan Darah Ini Berisiko Kecil Tertular Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Peneliti menemukan orang dengan golongan darah 0 berisiko kecil tertular Covid-19. Hal itu diutarakan oleh peneliti dunia..
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 07:17:18 WIB

    Golongan Darah Ini Diklaim Kebal Covid-19, Kok Bisa?

    Golongan Darah Ini Diklaim Kebal Covid-19, Kok Bisa? HARIANHALUAN.COM -- Sebuah perusahaan bioteknologi yang berpusat di Amerika Serikat (AS) melakukan penelitian pada golongan darah dan kaitannya dengan Covid-19. Dari hasil awal, ditemukan bahwa golongan darah tertentu, mungk.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]