Hingga Akhir Agustus, Bank Nagari Sudah Salurkan KUR Rp650 Miliar


Kamis, 15 Oktober 2020 - 21:27:11 WIB
Hingga Akhir Agustus, Bank Nagari Sudah Salurkan KUR Rp650 Miliar Karyawan Bank Nagari Cabang Utama sedang melayani nasabah, di kantor Cabang Utama, Jl. Pemuda, Padang. ATVIARNI

HARIANHALUAN.COM – Bank Nagari terus menunjukkan konsistensinya untuk mendukung berkembangnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya adalah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berbunga rendah, hanya 7 persen per tahun untuk nasabahnya.

Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra kepada Harianhaluan.com kemarin menyebutkan, dari alokasi KUR di Bank Nagari sebesar Rp1 triliun pada tahun ini, Bank Nagari sudah menyalurkan sebesar Rp650 miliar per Agustus 2020.

Baca Juga : Konversi Bank Riau Kepri ke Bank Syariah, Disosialisasikan pada Nasabah non Muslim

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 25.043 debitur yang menikmati KUR berbunga rendah tersebut. Sedangkan sektor usaha yang dibiayai hampir semua sektor. “Untuk sektor pembiayaan, adalah sektor pertanian, perikanan, perkebunan, perdagangan dan pariwisata. Namun dominannya memang sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan. Untuk sektor tersebut hampir 40 persen komposisinya dari keseluruhan pembiayaan KUR. Lokasi pembiayaan juga menyebar di seluruh wilayah Sumbar,” terang Gusti lagi.

Disebutkan juga, rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) KUR oleh nasabah Bank Nagari relatif sangat rendah, hanya 1,2 persen. “Persentase NPL itu sangat jauh di bawah ambang batas aman 5 persen yang ditetapkan oleh OJK. Dalam artian pembayaran kredit KUR terhitung lancar,” tambahnya lagi.

Baca Juga : Ramadan dan Idul Fitri, BI Riau Siapkan Uang Tunai Rp 4,5 Triliun

Adapun akumulasi pembiayaan KUR oleh Bank Nagari sejak 2016 hingga tahun 2020 ini sudah mencapai angka Rp2,9 triliun.

Dikatakannya lagi, dengan bunga rendah, hanya 7 persen, KUR sudah terbukti mampu memperluas akses pembiayaan khususnya kepada sektor usaha mikro dan kecil. “Dengan konsisten menyalurkan KUR, Bank Nagari berharap mampu mendorong berdayanya usaha mikro kecil yang menjadi penopang ekonomi daerah,” katanya.

Baca Juga : Pengembang Bangun Rumah di Lahan Fatsum, Warga Terus Lakukan Aksi Penolakan

Pada awal dipercaya sebagai penyalur KUR sejak akhir tahun 2016 lalu, KUR Bank Nagari hanya dikhususkan untuk sektor pertanian (termasuk perkebunan dan kehutanan), peternakan serta perikanan. Namun sekarang KUR Bank Nagari sudah bisa membiayai semua sektor. “Dengan konsistensi dalam menyalurkan KUR, kita berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumbar,” tutup Gusti. (*)

Reporter : Atviarni | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]