Pelamar Panwascam Sasak Ranah Pasisia Tembus 66 Orang


Kamis, 15 Oktober 2020 - 22:41:21 WIB
Pelamar Panwascam Sasak Ranah Pasisia Tembus 66 Orang Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia hingga saat ini, Kamis (15/10/2020), telah menerima sebanyak 66 orang pelamar dari total 42 orang yang dibutuhkan untuk menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada 9 Desember mendatang.

Ketua Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Anton Junaidi kepada haluan.com, Kamis (15/10), mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah memproses sebanyak 66 berkas pelamar, dari 42 orang yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah TPS yang ada.

Baca Juga : Senin Depan, DPRD Palalawan Paripurna Istimewa Bupati-Wabup Terpilih

"Jumlah pelamar sudah memenuhi kebutuhan sesuai jumlah TPS. Namun pendaftaran akan kita perpanjang tiga hari ke depan, karena secara aturan jumlah minimal pendaftar harus dua kali lipat dari total kebutuhan TPS," ucap Anton.

Ditambahkan, jika dibandingkan dengan jumlah pendaftar di kecamatan lainnya, partisipasi masyarakat di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie bisa dikatakan sangat tinggi. Hal tersebut karena sebagian besar dari yang melamar terpaksa gagal mendaftar karena umur mereka kurang dari 25 tahun.

Baca Juga : PSU Inhu, RIDHO Menang Besar di TPS 03

"Tidak sedikit dari jumlah pelamar yang gagal mendaftarkan diri mereka karena terkendala umur yang masih di bawah 25 tahun," ujarnya.

Anton menjelaskan, setelah menerima bekras, dan melalui sejumlah tahapan penelitian berkas dan wawancara, yang dilaksanakan, ternyata sebagian besar pendaftar sudah memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan Pilkada atau Pileg, sehingga diyakni bisa bekerja maksimal. Namun proses harus tetap dilalui sesuai regulasi dan aturan dalam rekrutmen.

Baca Juga : PSU di Inhu Berjalan Lancar, Ditinjau Ketua Bawaslu RI dan Forkopimda

"Setelah kita teliti berkas dan lakukan tes wawancara terhadap pelamar, ternyata banyak yang sudah berpangalaman pada Pileg dan Pilkada sebelumnya," pungkasnya.

"Semoga petugas PTPS yang terpilih nantinya bisa bekerja maksimal mengawasi tahapan pilkada yang akan digelar pada 9 Desember mendatang, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar," harap Anton.

Baca Juga : PSU Pilkada Inhu dan Rohul, 90 Prajurit TNI dan 854 Personel Polda Siap Mengamankan

Sementara itu, pantauan haluan.com di lapangan, panitia dan panwascam, tetap memperhatikan protokol kesehatan covid 19 saat proses pendaftran daan membuka meja khusus di depan kantor, agar tidak terjadi kerumunan.(*)

Reporter : M. Fadli | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]