Kenaikan Jumlah Simpanan di Bank Picu Penurunan Inflasi di Bawah 0%


Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:23:46 WIB
Kenaikan Jumlah Simpanan di Bank Picu Penurunan Inflasi di Bawah 0% Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Adanya kenaikan yang signifikan pada simpanan di bank umum pada bulan Maret 2020, ketika Covid-19 mulai masuk Indonesia dan Agustus 2020, ketika Indonesia dibayang-bayangi ancaman resesi.

Kemudian, jika dibandingkan inflasi bulanan Indonesia, terlihat hubungan sebab akibat, yakni peningkatan jumlah simpanan pada bank memicu penurunan inflasi yang berujung pada deflasi pada Juli dan Agustus 2020.

Inflasi Indonesia yang diukur oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Bahwa adanya penurunan inflasi di Indonesia selama tahun 2020. Terlihat pula pada bulan Juli 2020 dan Agustus 2020, Indonesia resmi mengalami kondisi yang dinamakan deflasi.

"Deflasi terjadi secara teknis di mana tingkat inflasi turun di bawah 0%. Dengan terjadinya deflasi, maka sebenarnya konsumsi sedang menurun, sehingga menyebabkan harga-harga barang dan jasa juga mengalami penurunan," kata Head of Public Relations, Dila Karinta dalam keterangan tertulis, kemarin.

Menurut Lifepal, hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia mulai menahan melakukan konsumsi dan mengalihkannya ke tabungan di bank umum.

"Dengan turunnya konsumsi, berlakulah seperti hukum permintaan dan penawaran, ketika permintaan terhadap suatu barang turun, maka akan terjadi nya penurunan pada harga harga tersebut," paparnya. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:10:23 WIB

    Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL

    Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL HARIANHALUAN.COM - Non performing loan (NPL) adalah perbandingan kredit yang tidak dapat dikembalikan oleh debitur alias kredit macet, dengan total kredit yang disalurkan bank ke masyarakat..
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:48:59 WIB

    Harga Emas Menguat, Kenaikan Capai Rp 15.000/Gram 

    Harga Emas Menguat, Kenaikan Capai Rp 15.000/Gram  HARIANHALUAN.COM - Harga emas di situs logammulia miilik PT Aneka Tambang Tbk dan di situs Pegadaian bergerak berlawanan arah. Emas Antam menguat mengikuti tren global, sedangkan emas di Pegadaian masih lemah..
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 07:30:52 WIB

    5 Saham dengan Kenaikan Harga Fantastis

    5 Saham dengan Kenaikan Harga Fantastis HARIANHALUAN.COM - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencatatkan penurunan dalam 6 bulan terakhir hingga perdagangan Senin kemarin (29/6/2020) sebesar 20,16%. Dampak pandemi Covid-19 dinilai masih menjadi sa.
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 14:45:05 WIB

    PLN Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Bulan Ini

    PLN Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Bulan Ini HARIANHALUAN.COM - PLN memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik dalam perhitungan tagihan rekening listrik bulan Juni 2020. .
  • Senin, 08 Juni 2020 - 21:21:57 WIB

    Isu Kenaikan Tarif Listrik, PLN UIW Sumbar Berinisiatif Datang ke Pelanggan

    Isu Kenaikan Tarif Listrik, PLN UIW Sumbar Berinisiatif Datang ke Pelanggan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya komplain dari pelanggan terkait tingginya tarif listrik dalam tiga bulan belakangan ini dibantah oleh PLN. Untuk mengatasi masalah tersebut, PLN pun memberlakukan beberapa skema..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]