Alami Gejala Covid-19, Dinkes Pessel Imbau Isolasi Mandiri Hingga Hasil Rapid Test Diketahui


Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:06:47 WIB
Alami Gejala Covid-19, Dinkes Pessel Imbau Isolasi Mandiri Hingga Hasil Rapid Test Diketahui Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa

HARIANHALUAN.COM - Meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi perhatian serius bagi pemkab dan dinas kesehatan setempat. Sehingga masyarakat diimbau untuk segera mendatangi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala-gejala mirip Covid-19 agar tak menularkan virus Corona ke orang terdekat atau keluarga tercinta.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa menjelaskan gejala Covid-19 yang dialami tubuh itu seperti sesak nafas, hilangnya indera perasa dan penciuman serta batuk. Ia menyebutkan masyarakat harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat atau fasilitas kesehatan (Puskesmas) setempat guna memastikan kondisi tubuhnya tersebut.

Kemudian ia juga mengatakan, pihak rumah sakit akan melakukan Rapid Test jika gejala itu cenderung mengarah ke Covid-19. Namun dirinya mengingatkan selama hasil laboratorium itu belum keluar masyarakat diminta tidak keluar rumah. "Jadi, selama hasilnya belum keluar masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan ke orang lain," ujarnya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (16/10).

Ia menambahkan, saat menjalankan isolasi mandiri agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Setelah hasil keluar, petugas Puskesmas setempat akan melakukan penjemputan kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Berikan pengabdian yang terbaik tanpa merasa lelah dan selalu perhatikan protokol kesehatan," ujarnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]