PKM Dosen Politeknik ATI Padang Sumbangkan Alat Pengukur Suhu Thermal Pyshical Distance


Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:56:38 WIB
PKM Dosen Politeknik ATI Padang Sumbangkan Alat Pengukur Suhu Thermal Pyshical Distance Tim PKM Dosen Prodi Manajemen Logistik Industri Agro Politeknik ATI Padang.

HARIANHALUAN.COM - Membaca fenomena sosial dewasa ini menjadi menarik lantaran masyarakat ke depan harus beraktivitas kembali dengan cara ‘berdamai’ dengan virus corona untuk menciptakan kenormalan baru dalam kehidupan.

"Hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal baru sebagai akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona, Namun, pemerintah menganjurkan kita untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa, tentunya sambil mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Narasumber PKM, Isra Mouludi melalui moderator, Candrianto, Jumat (16/10/2020).

Seperti terlihat pada Implementasi new normal sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Salah satu isinya menyebutkan bahwa di pintu masuk tempat kerja lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self Assessment Risiko Covid19 untuk memastikan pekerja yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit Covid-19.

"Politeknik ATI Padang sebagai salah satu institusi pendidikan vokasi juga memiliki tanggung jawab dan peranan dalam menekan penyebaran Covid-19, salah satunya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM)," ujar Candrianto.

Kegiatan PKM yang dilakukan oleh dosen Prodi Manajemen Logistik Industri Agro, Politeknik ATI Padang yang telah dilaksanakan pada 7 Oktober 2020 berupa pembuatan alat pendeteksi suhu otomatis.

Candrianto menambahkan, penggunaan alat ini tanpa ada petugas atau operator yang mengaktifkan alat tersebut, security atau petugas pengecek suhu tidak perlu lagi berdekatan dengan orang yang akan dicek suhunya.

Alat ini sangat otomatis dan praktis jika dibandingkan dengan pengukuran suhu badan dengan menggunakan thermogun, penggunaannya melalui petugas dipastikan akan berdekatan dengan orang yang diperiksa suhunya apalagi petugas pada kantor layanan masyarakat akan dipastikan akan banyak berjumpa dengan orang banyak, maka perlu ada alat pengukur suhu lain berupa alat Thermal Pyshical Distance untuk mendeteksi suhu tubuh otomatis.

Tim PKM dosen yang diketuai oleh Bapak Musdirwan, SE, M.Si dengan angota Isra Mouludi, S.Kom, M.Kom, Candrianto, ST.M.Pd, Firdaus Jamsan, MT, Miratul Hasni, SH.M.Pd dan Wahyuni Amalia, MT.

Alat pendeteksi suhu otomatis yang dibuat oleh tim PKM dosen tahun 2020 ini telah disumbangkan ke beberapa kelurahan yang ada di kecamatan Koto Tangah seperti kelurahan Bungo Pasang, Parupuk Tabing, Batipuh Panjang, Koto Pulai, Pasie Nan Tigo termasuk Camat Koto Tangah.

"Alat yang disumbangkan ini berupa 1 (satu) buah alat pendeteksi suhu otomatis Thermal Pyshical Distance termasuk petunjuk penggunaan alat. Sebelum penyerahan peralatan ini kepada Bapak Lurah dan Ibu Camat, TIM PKM dosen memberikan sosialisasi tentang penggunaan peralatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita Acara serah terima bantuan peralatan dan ditutup dengan membaca do’a dan photo bersama," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]