KPK Janji Tinjau Ulang Pengadaan Mobil Dinas


Jumat, 16 Oktober 2020 - 22:28:50 WIB
KPK Janji Tinjau Ulang Pengadaan Mobil Dinas Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Proses pembahasan anggaran untuk pengadaan mobil dinas jabatan bagi pimpinan, dewan pengawas, dan pejabat struktural di lingkungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan ditinjau ulang.

"Kami sungguh-sungguh mendengar segala masukan masyarakat dan karenanya memutuskan untuk meninjau kembali proses pembahasan anggaran untuk pengadaan mobil dinas jabatan tersebut dan saat ini kami sedang melakukan "review" untuk memastikan kesesuaian dengan peraturan yang berlaku," kata Sekjen KPK Cahya H Harefa saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Lebih lanjut, ia menyampaikan usulan anggaran tahun 2021 untuk pengadaan mobil dinas itu dilakukan dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pimpinan, dewas, dan pejabat struktural.

Hal tersebut berpedoman kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 150/PMK.06/2014 terkait perencanaan kebutuhan barang milik negara.

"Proses pengajuannya telah melalui mekanisme sejak "review" angka dasar yang meliputi "review" tahun sebelumnya dan kebutuhan dasar belanja operasional," ucap Cahya.

Ia mengatakan proses tersebut akan berlanjut hingga ditetapkan sebagai pagu definitif yang ditandai dengan penandatanganan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKAKL) oleh DPR.

"Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembahasan dan penelaahan oleh KPK bersama Kementerian Keuangan dan Bappenas. Terakhir akan terbit DIPA pada bulan Desember 2020," kata Cahya.

Berdasarkan informasi, anggaran untuk mobil dinas Ketua KPK senilai Rp1,45 miliar, empat Wakil Ketua KPK masing-masing Rp1 miliar, dan Dewas KPK masing-masing Rp702 juta.

Sebelumnya diinformasikan, Dewas KPK telah menolak pemberian fasilitas mobil dinas tersebut. Dewas KPK juga tidak mengetahui adanya usulan dan juga tidak pernah mengikuti pembahasan di internal KPK soal mobil dinas tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Oktober 2020 - 15:18:23 WIB

    Kini KPK Bisa Ambil Alih Kasus Korupsi di Kejaksaan-Polri

    Kini KPK Bisa Ambil Alih Kasus Korupsi di Kejaksaan-Polri HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani beleid baru sebagai pelaksanaan dari UU KPK hasil revisi pada tahun 2019 lalu. .
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:22:25 WIB

    Resmi Ditahan, Wali Kota Tasikmalaya Huni Rutan KPK

    Resmi Ditahan, Wali Kota Tasikmalaya Huni Rutan KPK HARIANHALUAN.COM - Walikota Tasikmalaya resmi ditahan di Rutan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Jum’at (23/10/2020). Sebelumnya KPK telah menetapkan Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, sebagai tersangka kasus suap DAK (D.
  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 16:04:58 WIB

    KPK Bakal Tambah 100 Penyidik Baru

    KPK Bakal Tambah 100 Penyidik Baru HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah merencanakan bakal mengadakan tambahan sumber daya manusia (SDM) berupa 100 orang penyidik baru. Ratusan penyidik itu bakal ditempatkan di sejumlah pos berbeda di l.
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:24:03 WIB

    Heboh Mobil Mewah untuk KPK, DPR: Pemerintah yang Mengajukan

    Heboh Mobil Mewah untuk KPK, DPR: Pemerintah yang Mengajukan HARIANHALUAN.COM-Pengadaan mobil dinas mewah untuk para pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rupanya diajukan oleh Pemerintah. Komisi III DPR RI mengklarifikasi, posisi Komisi III adalah menyetujui usulan Pemerintah..
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:45:45 WIB

    Gerindra Setuju Mobil Dinas Pimpinan KPK

    Gerindra Setuju Mobil Dinas Pimpinan KPK HARIANHALUAN.COM - Gerindra menilai para pimpinan KPK perlu mendapatkan mobil dinas untuk menjaga keamanan. Bahkan, jika memang diperlukan, menurut Gerindra, mobil dinas untuk pimpinan KPK itu dipasangi kaca antipeluru..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]