19 Sungai di Pessel Berpotensi Jadi Sumber Pembangkit Tenaga Listrik


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:52:46 WIB
19 Sungai di Pessel Berpotensi Jadi Sumber Pembangkit Tenaga Listrik Suardi

HARIANHALUAN.COM - Tak hanya memiliki destinasi wisata yang mumpuni, Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki potensi sungai yang bisa dijadikan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pessel, Suardi.

Ia mengatakan terdapat 19 sungai yang memiliki potensi untuk dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik karena air yang mengalir sepanjang tahun. Kata dia, selain juga mengalir sepanjang tahun sungai tersebut juga memiliki arus air yang deras.

"Selain mengalir sepanjang tahun juga arusnya deras," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (17/10).

Suardi melanjutnya, hingga saat ini baru enam sungai yang dilirik investor. Kemudian, dari enam sungai itu baru satu sungai yang diresmikan pengoperasiannya. Sementara dua sungai lagi masih dalam tahap pengerjaan dan sisanya masih dalam tahap penjajakan.

"Pembangunan sungai mulai bulan April 2016 hingga 2019 dan peresmiannya baru tanggal 26 Februari 2020 kemarin," lanjutnya.

Sungai yang telah diresmikan yaitu Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) Sako 1 mampu menghasilkan daya 2x3 megawatt  dan mengaliri listrik untuk 12 ribu rumah dengan kapasitas 450 watt. Suardi juga menyebutkan dari beberapa sungai yang ada alirannya bisa dimanfaatkan untuk membangun dua pembangkit tenaga listrik sekaligus.

"Batang Pelagai dibangun dua pembangkit listrik sekaligus yang masing-masing berkapasitas 9,8 megawatt dan 3,6 megawatt," jelasnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]