Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:18:42 WIB
Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini Foto: I Need A Mobile

HARIANHALUAN.COM - Ganti smartphone tak mesti beli yang kondisinya baru. Ponsel second-hand alias bekas bisa menjadi alternatif jika ingin memiliki ponsel keluaran lain, tetapi memiliki dana terbatas. 

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Sabtu (17/10/2020), sebelum membeli smartphone bekas, alangkah baiknya melakukan sedikit 'riset' kecil-kecilan terlebih dahulu. Jangan hanya terbuai dengan harganya yang murah, tetapi melupakan kondisi fisik dan performa smartphone tersebut. 

Hal ini bertujuan agar kita tetap bisa mendapatkan smartphone bekas dengan kualitas dan performa yang masih baik, bahkan bisa mendekati smartphone yang kondisinya baru. Di bawah ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone bekas.

1. Cek dahulu harga di pasaran

Sebelum membeli smartphone bekas, lakukan dahulu survey kecil-kecilan mengenai harga pasaran untuk ponsel incaranmu. Tujuannya agar kamu bisa melakukan tawar-menawar dengan penjual.

2. Pilih sumber yang terpercaya

Carilah sumber terpercaya untuk membeli ponsel bekas untuk meminimalisir risiko kerusakan dan mencegah kamu tertipu di kemudian hari.

3. Cermati kondisi fisik ponsel

Periksa terlebih dahulu kondisi fisik ponsel secara menyeluruh dan cermat. Cek mulai dari layar hingga komponen baterainya. Jangan sampai ketika sudah deal, ternyata ada komponen dari ponsel bekas tersebut yang rusak.

4. Cek nomor IMEI

Bagian ini hukumnya wajib untuk dilakukan. Tujuannya untuk memastikan bahwa ponsel yang kamu beli memang perangkat asli. Cara mengeceknya pun mudah, cukup menekan *#06# pada menu dial

5. Pilih yang masih ada garansi 

Ternyata, smartphone bekas juga ada yang masih memiliki garansi. Biasanya ponsel ini merupakan ponsel baru yang baru dipakai beberapa bulan oleh pemilik lama dan dijual saat masih dalam masa garansi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 11:28:43 WIB

    Mau Dapat Cuan dari Zoom? Simak, Begini Caranya

    Mau Dapat Cuan dari Zoom? Simak, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Zoom baru saja meluncurkan OnZoom, yakni fitur untuk menjadwalkan dan memonetisasi acara virtual. Tak lupa, ada pula fitur mengintegrasikan panggilan Zoom dengan aplikasi bisnis..
  • Senin, 14 September 2020 - 09:55:17 WIB

    Mau Tahu Gimana Cara Mengubah Tampilan Android Jadi iPhone? Coba Tips Ini

    Mau Tahu Gimana Cara Mengubah Tampilan Android Jadi iPhone? Coba Tips Ini HARIANHALUAN.COM - Smartphone besutan Apple, yakni iPhone, saat ini bisa dibilang sebagai smartphone yang paling populer di dunia. Setiap Apple merilis produk iPhone terbarunya, banyak orang yang rela mengantri berhari-hari.
  • Kamis, 03 September 2020 - 12:16:50 WIB

    Mau Hasilkan Uang dari Likee? Yuk Bikin Konten Drama

    Mau Hasilkan Uang dari Likee? Yuk Bikin Konten Drama HARIANHALUAN.COM - Siapa yang hidupnya drama banget? Atau mungkin kamu punya temen yang drama abis? Sebagai makhluk sosial, terkadang kita sering dihadapkan dengan masalah yang membuat hidup kita jadi penuh dengan drama. Bias.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:45:08 WIB

    Mau Tahu Bagaimana Cara WhatsApp Centang Satu Meskipun Kamu Online? Yuk Ikuti Langkahnya

    Mau Tahu Bagaimana Cara WhatsApp Centang Satu Meskipun Kamu Online? Yuk Ikuti Langkahnya HARIANHALUAN.COM - Entah untuk suatu alasan tertentu, terkadang kita ingin menghindari chat WhatsApp seseorang. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan mematikan centang biru pada pengaturan WhatsApp kita se.
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:17:02 WIB

    Mau Nonton YouTube Gratis Selamanya? Begini Caranya

    Mau Nonton YouTube Gratis Selamanya? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Platform streaming video terbesar, YouTube, selain menyediakan layanan streaming video gratis juga menyediakan versi berbayar, yakni YouTube Premium..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]