Dijamin Legal, Ini Situs Streaming Film di Indonesia


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:46:16 WIB
Dijamin Legal, Ini Situs Streaming Film di Indonesia Foto: Horse Riding Network

HARIANHALUAN.COM - Beberapa waktu belakangan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah gencar memberangus banyaknya situs streaming film ilegal yang menghadirkan konten-konten bajakan.

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Sabtu (17/10/2020), kebijakan penertiban situs-situs streaming film ilegal tersebut terus dilakukan karena dinilai melanggar hukum dan mengganggu perekonomian Indonesia serta merugikan industri perfilman.

Meski tujuannya baik, namun banyak juga netizen yang menyayangkan tindakan Kominfo tersebut. Pasalnya, beberapa situs tersebut menjadi andalan para netizen untuk bisa berburu konten film-film berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya.

Nah, bagi kalian yang masih bingung dimana bisa kembali menikmati film-film berkualitas tanpa harus khawatir diberangus lagi oleh Kominfo, 7 situs streaming film legal di Indonesia, ada yang gratisan juga loh!

1. Netflix

Netflix telah hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Layanan ini memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan pengguna bisa mengakses konten melalui smartphone, smart TV, tablet, PC maupun laptop.

Mirip langganan televisi berbayar, pengguna dapat menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati mulai dari serial TV dan film yang diproduksi sendiri oleh Netflix serta bebas iklan.

Kendati demikian, jika pengguna ingin mengakses Netflix, maka ditetapkan sejumlah retribusi. Perusahaan yang berkantor pusat di Las Vegas, Amerika Serikat ini mematok tarif langganan dengan rentang harga mulai dari Rp49 ribu hingga Rp169 ribu per bulan dengan tanpa biaya ekstra dan tanpa kontrak.

2. GoPlay

GoPlay merupakan salah satu produk layanan perusahaan ride-hailing Tanah Air yaitu Gojek. Tak hanya menyajikan film-film Indonesia kenamaan, namun GoPlay juga hadir untuk memberikan panggung bagi para kreator film lokal untuk memamerkan karya mereka.

Untuk dapat menikmati fasilitas GoPlay, pengguna harus menebusnya dengan berbagai macam tarif yang ditetapkan dalam berbagai paket tawaran, salah satunya GoPlay menetapkan tarif Rp89 ribu untuk langganan sebulan.

3. iflix

iflix adalah layanan video on demand yang dibentuk sejak 2014. Namun di Indonesia, layanan iflix hadir pada akhir 2015. Layanan video on demand asal Malaysia ini menyajikan konten yang beragam mulai dari serial televisi, film box office, hingga acara khusus anak-anak.

Untuk menikmati fasilitas secara penuh, iflix menawarkan empat paket berlangganan seperti Daily Plan Rp2 ribu per hari (bayar pakai pulsa); Weekly Plan Rp10 ribu per minggu; serta Monthly Plan Rp40 ribu per bulan.

4. Vidio

Vidio merupakan situs dan aplikasi video streaming dengan berbagai konten seperti streaming TV, film, sinetron, original series, hingga olahraga seperti Liga 1, Champions serta Liga Eropa.

Untuk menikmati tontonan di Vidio, pengunjung dapat mendapatkannya dengan membayar paket premium sebesar Rp49 ribu per bulannya. Ada pula tarif Rp19 ribu untuk akses paket Gold namun terbatas.

5. Viu

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media, Hongkong. Layanan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 26 Mei 2016.

Sejumlah pengguna menganggap Viu sebagai sebuah wadah untuk menonton drama, variety show, bahkan reality show Korea. Tidak hanya itu, perusahaan pun menyajikan sejumlah serial televisi yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, hingga India.

Jika belum berlangganan Viu, pengguna harus diganggu dengan iklan yang ada di layanan. Maka Viu menawarkan tiga paket berlangganan streaming film: Promo 1 Minggu Rp10 ribu, 1 Bulan + 2 Minggu Rp30 ribu, dan 2 Bulan + 1 Bulan Rp60 ribu.

6. Genflix

Genflix merupakan salah satu situs streaming film legal di Tanah Air. Situs ini menyajikan konten film baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Biaya langganan Genflix relatif murah, pengguna perlu membayar paket langganan sebesar Rp49 ribu untuk sebulan. Usai membayar, pengguna dapat menikmati tontonan di Genflix yang dapat dinikmati dengan batasan maksimal tiga device.

Selain itu, koleksi film di Genflix akan berubah tiap bulan, serta terdapat pula konten yang sangat lokal seperti konten berbahasa Jawa.

7. YouTube

Rekomendasi situs streaming film legal di Indonesia yang terakhir adalah YouTube. Ya, benar. YouTube memang jarang menampilkan konten film, namun beberapa kali kreator film mengunggah film Indonesia secara cuma-cuma. Kebanyakan film produksi indie turut diunggah dalam kanal YouTube yang dapat dinikmati secara gratis tanpa membayar biaya apapun!. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]