Liverpool harus Waspada, Ini Hal Berbahaya dari Everton Musim Ini


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:03:25 WIB
Liverpool harus Waspada, Ini Hal Berbahaya dari Everton Musim Ini Dominic Calvert-Lewin, salah satu ancaman bagi tim-tim yang melawan Everton.

HARIANHALUAN.COM - Setidaknya ada dua hal berbahaya dari Everton di Liga Inggris 2020/21 yang patut Liverpool waspadai saat bertemu pada Sabtu (17/10/20). Pertandingan pekan kelima Liga Inggris musim ini antara Everton vs Liverpool di Goodison Park menjanjikan duel yang seru ketimbang musim-musim sebelumnya.

Pasalnya, Everton, yang selama ini lebih sering terjebak di papan tengah klasemen, tengah menjelma menjadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris. Bahkan, tim besutan Carlo Ancelotti, yang kerap dibayangi oleh kesuksesan sang rival sekota, justru berada di puncak klasemen sementara. Sebaliknya, Liverpool bercokol di urutan kelima.

Baca Juga : Mohamed Salah Khawatir Situasi Kontraknya di Liverpool

Tak cuma itu, Everton selalu memenangi pertandingan mereka hingga pekan keempat Liga Inggris 2020/21. Jelang duel bertajuk Derby Merseyside, Liverpool perlu mewaspadai dua kekuatan utama Everton musim ini bila tidak ingin menjadi korban The Toffees berikutnya. Salah satu kekuatan terbesar Everton di Liga Inggris musim ini adalah gol dari set piece.

Statistik dari Whoscored memperlihatkan bahwa Everton sudah mencetak total 12 gol musim ini. Sebanyak enam gol berasal dari set piece, termasuk satu gol penalti. Bila menghilangkan gol dari penalti, maka Everton telah membukukan lima gol dari tendangan bebas atau sepak pojok. Catatan tersebut merupakan yang terbanyak di Liga Inggris 2020/21.

Baca Juga : Bikin Liverpool Frustrasi, Real Madrid Tembus Semifinal Liga Champions

Maka, Liverpool perlu waspada dengan bermain disiplin dengan mengurangi pelanggaran di dekat pertahanannya sendiri. Kalau tidak, Everton siap menghukum mereka lewat gol set piece. Dominic Calvert-Lewin menjelma sebagai monster di pertahanan lawan. Bomber Everton itu sudah mencetak enam gol di Liga Inggris musim ini.

Dengan torehan tersebut, Dominic Calvert-Lewin menjadi top skorer sementara di Liga Inggris 2020/21, bersama dengan sayap Tottenham Hotspur, Son Heung-min, yang juga mengemas enam gol. Rahasia di balik ketajaman Dominic Calvert-Lewin ternyata adalah kerja sama tim di mana rekan-rekannya sangat memanjakan bomber muda Timnas Inggris itu.

Baca Juga : Timnas Indonesia Pastikan Uji Coba dengan Oman

Bisa dilihat dari para pemberi assist dalam gol Dominic Calvert-Lewin yang ternyata datang dari lima pemain berbeda! Para pemberi assist gol Dominic Calvert-Lewin datang dari semua lini, yakni bek kiri Lucas Digne (vs Tottenham), sayap Richarlison dan James Rodriguez (vs West Brom), bek kanan Seamus Coleman (vs Crystal Palace), serta gelandang Gylfi Sigurdsson (vs Brighton).

Artinya, Liverpool harus memutus aliran bola yang sepertinya selalu tertuju pada Dominic Calvert-Lewin bila tidak ingin Everton mencetak gol ke gawang mereka nanti malam. Tugas yang jelas tidak mudah berhubung semua lini The Toffees begitu hidup demi memanjakan sang striker. (*)

Baca Juga : Neymar Konfirmasi Perbarui Kontrak dengan PSG

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun | Sumber : Indosport
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]