11,12% Anak Perempuan di Indonesia Jadi Korban Pernikahan Dini


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:05:23 WIB
11,12% Anak Perempuan di Indonesia Jadi Korban Pernikahan Dini Dok kumparan

HARIANHALUAN.COM - Idekonomi telah merilis episode podcast terkini, bertajuk “Girls Not Brides” yang membahas tren pernikahan anak di Indonesia khususnya di tengah pandemi, serta dinamika dibalik pemberian bantuan sosial yang turut berpotensi menjadi faktor pendorong meningkatnya pernikahan anak di Indonesia.

Idekonomi menghadirkan Andrea Adhi, Lead for Social Inclusion and Protection di Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia (PUSKAPA).

"Pernikahan anak merupakan pernikahan yang terjadi ketika salah satu pasangan berusia di bawah 19 tahun (di bawah usia legal untuk menikah di Indonesia)," kat Andrea dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/10/2020).

Menurut data BPS pada 2018, setiap 1 dari 9 anak perempuan di Indonesia menikah sebelum umur 18 tahun. Pernikahan anak perempuan ini relatif lebih tinggi ketimbang anak laki-laki dimana terdapat 1 dari 100 anak laki-laki di Indonesia yang menikah di bawah umur.

"Anak perempuan lebih rentan untuk menjadi korban pernikahan anak dengan prevalensi sebesar 11,21%. Persentase tersebut dikalikan dengan jumlah populasi yang tinggi, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan peringkat ke-10 dengan angka absolut pernikahan anak tertinggi di dunia," tambah Andrea.

Andrea menekankan bahwa pemerintah perlu bekerja lebih keras untuk mengawal penerapan dari UU No 16 tahun 2019 tentang perkawinan, hingga ke tingkat daerah.

"Selain itu, pemerintah juga harus memastikan masyarakat yang menikah memiliki akta nikah supaya anak mereka berhak untuk memiliki akta kelahiran, sehingga akses untuk mendapatkan bantuan sosial ekonomi tidak terhambat," tukasnya. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]