PNP Raih Juara di KRI 2020, Benyamin Kusumo: Para Kontestan Rela Sewa Ruko


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 13:59:06 WIB
PNP Raih Juara di KRI 2020, Benyamin Kusumo: Para Kontestan Rela Sewa Ruko Ketua Dewan Juri KRI 2020 Benyamin Kusumo. Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Juri KRI 2020 Benyamin Kusumo mengatakan, meskipun digelar daring, para kontestan sangat antusias mengikuti ajang kompetisi ini. Mereka yang mengalami keterbatasan fasilitas kampus akibat Covid-19 rela menyewa ruko untuk menampilkan robot mereka.

"Kejuaraan daring untuk menjaring utusan Indonesia  mengikuti kompetisi internasional itu melombakan  4 divisi robotik, yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)," katanya, baru-baru ini.

Dibandingkan Kontes Robot Indonesia (KRI) selama ini, kontes daring perdana ini memiliki beberapa perbedaan, terutama dari segi penilaian. Desain robot secara otonom tanpa peran manusia membutuhkan proses penilaian lebih dari sekali.

Hal itu dikarenakan dewan juri  tidak memiliki akses untuk melihat bagaimana kontestan menggerakkan robotnya.

"Kita mengubah aturan untuk itu. Karena juri tidak bisa menilai dua tim bertanding dengan infrastruktur yang sama, seperti Kategori Robot Sepak Bola Beroda, maka penilaian juara berpatokan pada jumlah gol dalam kurun waktu yang ditentukan," terangnya.

KRI daring yang digelar atas kerjasama Pusat Prestasi Nasional dan ITB ini  juga membutuhkan keseimbangan jaringan. Karenanya, panitia  mensyaratkan 2 provider.

"Bukan standarnya yang diturunkan tapi aturannya yang digeser. Nyatanya, mereka bisa memenuhi perubahan dalam waktu yang singkat, dan itu sangat kita apresiasi, apalagi di  tengah Covid-19 yang banyak batasan," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 Oktober 2020 - 22:08:36 WIB

    BEM KM PNP Buka Pendaftaran Uda Uni Duta Kampus, Ini Syaratnya

    BEM KM PNP Buka Pendaftaran Uda Uni Duta Kampus, Ini Syaratnya HARIANHALUAN.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa ( BEM-KM) Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka pendaftaran gelombang 2 (dua) pemilihan uda dan uni duta kampus tahun 2020. Pendaftaran dibuka sejak Minggu, 25 .
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 12:25:39 WIB

    PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9

    PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9 HARIANHALUAN.COM - Seluruh Politeknik di Indonesia diminta agar penelitian teknologi yang dihasilkan dari para dosen sudah menjadi produk massal. Dari Politeknik Negeri Padang (PNP) disebut dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (.
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 12:01:51 WIB

    ICAST 2020 PNP Hadirkan Keynote Speaker Asing

    ICAST 2020 PNP Hadirkan Keynote Speaker Asing HARIANHALUAN.COM - Gelaran International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi) iCAST 2020 yang dilaksanakan Politeknik Negeri Padang (PNP) menghadirkan keynote speaker dari.
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:39:52 WIB

    PNP Bakal Terbitkan Hasil Penelitian Peserta ICAST 2020 di Scopus

    PNP Bakal Terbitkan Hasil Penelitian Peserta ICAST 2020 di Scopus HARIANHALUAN.COM - Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar mengatakan, hasil conference International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional.
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:45:26 WIB

    Jadi Tuan Rumah, PNP Gelar ICAST 2020 Secara Virtual

    Jadi Tuan Rumah, PNP Gelar ICAST 2020 Secara Virtual HARIANHALUAN.COM - International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi) iCAST 2020 akhirnya digelar secara virtual akibat wabah Pandemi Covid -19, acara ini disiarkan langsu.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]