Pemenang Kontes Robot Indonesia 2020 Akan Dikirim ke Jepang


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:22:17 WIB
Pemenang Kontes Robot Indonesia 2020 Akan Dikirim ke Jepang Foto: Javanews.TV/ MAT

HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Institut Teknologi Bandung (ITB), Ir. Widjaja Martokusumo mengatakan, kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 ini bermain dengan big data dan jaringan. Menyelenggarakan kontes ini membutuhkan teknologi yang canggih, apalagi 4 divisi yang dipertandingkan, butuh teknologi yang sangat tinggi agar dapat mengelola dan bermain dengan big data.

"Institut Teknologi Bandung didaulat sebagai tuan rumah dalam memfasilitasi penilaian dan penerimaan hasil karya robotik mahasiswa. Dipastikan ITB kembali terlibat dalam Seleksi Nasional selanjutnya pada 16-22 November 2020 untuk menentukan dua orang pemenang yang akan dikirim menjadi duta Indonesia di ajang bergengsi, NHK Robocon, Jepang," kata Widjaja dilansir dari website PNP, Sabtu (17/10/2020).

Sementara itu, Plt Kapuspernas Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si menjelaskan cikal bakal pelaksanaan Kontes Robot Indonesia sudah berjalan sangat lama, yaitu sejak tahun 1993 ketika PES-ITS (Saat ini Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) menyelenggarakan kontes robot yang pertama di Indonesia dengan nama Indonesia Robot Contest (IRC) 1993.

"Sejalan dengan waktu, pada tahun 2003 kontes robot ini menjadi kontes robot nasional yang resmi diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan saat itu," ujarnya.

Kontes yang pada awalnya hanya mempertandingkan 2 (dua) divisi, terus berkembang menjadi 6 (enam) divisi, yaitu: 1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), 2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), 3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, 4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, 5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), 6. dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

"Kontes Robot ABU Indonesia mengacu pada kompetisi internasional tahunan Asia Pasific Broadcasting Union Robot Contest (ABU Robocon)," tambahnya.

Seperti diketahui, Tim Robot Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil menyabet 2 kejuaraan dalam Kontes Robot Daring Perdana 2020 yang diikuti oleh 169 tim dari 89 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Pembimbing Tim Robotik PNP, Anton Hidayat, ST., M.T., di tengah rasa gembiranya merinci, mahasiswa bimbingannya menempati peringkat 4 dalam kategori Robot Seni Reg 1 dan peringkat 3 kategori Soccer Giring Bola, juara kembar dengan Tim Robotik ITB.

"Kejuaraan daring internasional itu melombakan 4 divisi robotik, yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)," kata Anton. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]