DPRD: Dharmasraya Terkoneksi ke Jalan Tol Sebuah Langkah Cerdas


Ahad, 18 Oktober 2020 - 15:09:11 WIB
DPRD: Dharmasraya Terkoneksi ke Jalan Tol Sebuah Langkah Cerdas Pariyanto

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menilai langkah pemerintah daerah menyambung ruas jalan ke jalur tol Trans Sumatera, merupakan sebuah langkah cerdas dan perlu didukung oleh semua pihak. 

"Disamping memperlancar akses bagi tiga provinsi yakni Sumatera Barat, Riau dan Jambi, langkah tersebut merupakan bentuk upaya dalam menjaga Dharmasraya sebagai pintu gerbang Provinsi Sumatera Barat dari kawasan selatan, " ungkap Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto kepada sejumlah wartawan, di Dharmasraya, Minggu (18/10). 

Menurutnya, dengan tersambungnya ruas jalan itu maka akan semakin membuka peluang terpicunya multyplier efek terhadap semua bidang, khususnya perekonomian masyarakat. 

Ia menjelaskan, jalan tersebut nantinya akan melewati Kecamatan Padang Laweh, Timpeh dan Sitiung, dengan demikian daerah yang dilewati ini secara otomatis bakal berkembang dan biasanya wilayah lain disekitarnya pun ikut berkembang. 

Pariyanto menambhkan, dengan adanya jalan baru menuju tol Trans Sumatera tersebut akan memberikan kemudahan bagi pengguna jalan, sebab meningkatkan efisiensi dan percepatan distribusi orang dan barang dari dan menuju Sumatera Barat khususnya Dharmasraya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta mendorong upaya ini, salah satunya dengan mempermudah proses pembebasan lahan nantinya," pungkasnya.

Sebelumnya, keinginan masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, agar tersambung dengan ruas jalan tol Trans Sumatera hampir pasti bisa direalisasikan dengan dimulainya penjajakan titik koordinat lokasi yang akan dilewati antar batas provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. 

"Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dharmasraya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Sumatera Barat sudah melakukan pertemuan dengan pihak PUPR Provinsi Riau di Kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten KuantanSingingi pada Selasa (13/10)," kata Kepala Dinas PUPR setempat, Ir Junaidi Yunus, di Dharmasraya, Rabu (14/10).(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]