Ini Dia Tafsir Digital, Sarana Belajar Praktis Buat Milenial


Senin, 19 Oktober 2020 - 11:52:11 WIB
Ini Dia Tafsir Digital, Sarana Belajar Praktis Buat Milenial Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Istilah generasi milenial belakangan makin akrab di telinga masyarakat. Milenial atau sering disebut generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah generasi X. Mereka lahir pada kisaran 1980 hingga 2000-an. Kaum milenial tentunya punya karakteristik yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Tumbuh dan besar di era kejayaan teknologi informasi seperti sekarang ini membuat generasi milenial nyaris tak pernah lepas dari internet. Dalam sebuah penelitian disebutkan generasi milenial di Indonesia misalnya dapat menghabiskan waktu rata-rata hingga tujuh jam dalam sehari untuk menggunakan internet.

Termasuk halnya dalam mengakses informasi apapun, nyaris seluruhnya dari dunia digital. Era generasi milenial adalah era kematian media-media analog yang sangat diagung-agungkan oleh generasi sebelumnya. Mulai dari urusan transportasi, hingga jual beli, semuanya dilakukan lewat piranti digital internet.

Lantas apa yang dilakukan oleh generasi milenial yang menghabiskan waktu banyak di internet? Google Survey Barometer mencatat, sebanyak 86% generasi milenial menggunakan internet karena mereka menemukan kesenangan dan hiburan di dalamnya.

Namun demikian, tidak sedikit yang menggunakannya untuk hal berfaedah. Dalam penelitian yang sama sebanyak 68% generasi milenial memilih internet jika ingin mencari informasi mengenai sesuatu, termasuk pengetahuan tentang agama dan hal-hal spiritual lainnya.

Sebuah penelitian terkini menunjukkan, generasi milenial di Indonesia khususnya banyak yang mempelajari Al-Qur’an melalui sarana digital. Alasannya tentu karena lebih praktis dan mudah bagi mereka. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh Muhammad Nursyamhuri (21 tahun). Pemuda asal Palopo, Sulawesi Selatan, yang lahir di tahun 1999 ini mengaku lebih mudah belajar mengenai Al-Qur’an melalui sarana digital.

“Saya kebetulan kuliah di jurusan studi Al-Qur’an di salah satu kampus swasta di Makassar. Sekarang banyak website yang sangat membantu saya dalam mencari materi perkuliahan. Dosen juga tidak jarang merekomendasikan website yang dianggap menarik untuk dikaji materinya,” ucapnya.

Selain praktis, belajar tafsir melalui website menurut Nursyamhuri juga cukup lengkap. Seperti yang misalnya ditawarkan oleh tafsirweb.com. Anda bisa langsung memilih tafsir dan ayat Qur’an tertentu yang diinginkan. Misalnya Surah Al-Baqarah Ayat 183 yang berisikan tentang perintah berpuasa.

Website ini memberikan akses untuk mempelajari tafsir Al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir An-Nafahat Al-Makkiyah dan lain sebagainya. Semua versi tafsir tersebut tersedia gratis untuk dibaca. Tafsirweb.com menjadi sarana pilihan yang layak dicoba oleh kaum milenial yang hendak belajar lebih dalam mengenai kandungan isi Al-Qur’an. (*)

Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]