FGD Bersama PNP, Dirjen Diksi: Mahasiswa Bukan Pekerja tapi Motor Penggerak Industri Pariwisata


Senin, 19 Oktober 2020 - 14:30:55 WIB
FGD Bersama PNP, Dirjen Diksi: Mahasiswa Bukan Pekerja tapi Motor Penggerak Industri Pariwisata Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa jangan merasa diri mereka cuma pekerja, tapi motor penggerak kebangkitan dunia pariwisata. Pariwisata memang mengalami dentuman yang signifikan sejak pandemi Covid-19 tapi mari ubah bencana tersebut menjadi kekuatan.

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Diksi, Wikan Sakarinto dalam pembukaan FGD Pengembangan Akademis Prodi Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Padang bersama DUDI, yang digelar secara online dan offline di Grand Zuri Hotel, Senin, 19 Oktober 2020.

"Yakinlah, pariwisata tidak tidur tapi bangun dengan kondisi yang tak sama dengan kondisi sebelum Covid-19.  Mari bersatu untuk bangkit dengan kekuatan 10 kali lipat," kata Wilkan Sakarinto.

Menurut Wilkan Sakarinto, andaipun pandemi berlangsung setahun, tetaplah memperkuat softskill dan praktik, jangan puas dengan simulasi dan teori.

"Alumni, di pasar kerja nanti Anda tak ada jaminan ketemu bos yang baik hati, adanya bos yang galak dan banyak tuntutan ini dan itu," ungkapnya setengah berseloroh.

Dirjen Diksi juga mengimbau agar para dosen vokasi benar-benar menghasilkan penelitian yang tak sekedar menghasilkan paper terindeks Scopus dan memenuhi persyaratan naik pangkat tapi hasilnya harus benar-benar terpakai dan dibutuhkan masyarakat.

"Untuk tahu kebutuhan pasar dan masyarakat, mereka harus datang dan magang di industri," kata Wilkan Sakarinto.

Wilkan Sakarinto menambahkan, perguruan tinggi vokasi masa kini tidak cukup mengandalkan 50 jam per prodi  per semester, namun menuntut sertifikat kompetensi, pengalaman magang guru dan dosen minimal 4 tahun sekali.

"Menjalani training teaching factori ‘konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]