Hari Ini Mentawai Diguncang Gempa 2 Kali, BPBD: Tingkatkan Kewaspadaan!


Senin, 19 Oktober 2020 - 15:57:12 WIB
Hari Ini Mentawai Diguncang Gempa 2 Kali, BPBD: Tingkatkan Kewaspadaan! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hari ini Kepulauan Mentawai kembali diguncang gempa bumi sebanyak dua kali, gempa pertama terjadi pada pagi hari dan disusul gempa kedua pada siang hari dengan kekuatan di atas 5 Skala Richter (SR), Senin (19/10).

Berdasarkan keterangan Badang Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dibagikan di Whatsapp Grup BPBD Mentawai, gempa tersebut terjadi di sekitar laut Kecamatan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai. 

BMKG mencatat Gempa pertama berkekuatan 5,1 SR terjadi pada pukul 05:48:50 Wib, dengan titik koordinat 3.33 Lintang Selatan dan 100.25 Bujur Timur di kedalaman 10 Km, tidak berpotensi tsunami. Berada 38 Km Barat Daya Pulau Pagai Selatan. 

Sedangkan gempa kedua BMKG mencatat sementara berkekuatan 5,8 SR terjadi pada pukul 14:31:30 Wib, dengan titik koordinat 3.31 Lintang Selatan dan 100.32 Bujur Timur, dengan kedalaman 14 Km di laut Pagai Selatan berdekatan dengan gempa pertama pagi tadi.

Rudi (30), salah seorang warga Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan yang saat ini tinggal di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara menyebut bahwa pihaknya telah meneleon keluarganya yang berada di kampungnya pasca terjadinya gempa dan mendapat informasi bahwa situasi pasca gempa aman-aman saja.

"Saya sudah telepon adik saya, katanya sudah 5 hari ini gempa terjadi setiap hari dan tadi pagi juga terjadi, tetapi untuk sementara berdasarkan informasi dari adik saya tidak ada kerusakan bangunan akibat gempa, tetapi goncangan gempa cukup kuat dirasakan warga," terangnya kepada Haluan.com. 

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai Amir Ahmari saat dikonfirmasi membenarkan telah terjadi gempa, hingga saat ini pihaknya sedang berupaya mendapatkan informasi dari Satgas yang berada di Pagai Selatan. 

"Saat ini kita belum mendapatkan informasi dampak gempa kepada pihak Satgas Kecamatan Sikakap dan Kecamatan Pagai Selatan,  sementara belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa," terangnya. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap siaga bencana, karena bencana bisa datang kapan saja, yang perlu ditingkatkan adalah kewaspadaan. "Kita berdoa agar bencana yang kita takutkan tidak terjadi," pungkasnya.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]