37 Kampanye Pilgub dan Pilbup/Pilwako Dibubarkan, Bawaslu Sumbar: Kampanye Daring Saja agar Tak Melanggar


Senin, 19 Oktober 2020 - 17:31:39 WIB
37 Kampanye Pilgub dan Pilbup/Pilwako Dibubarkan, Bawaslu Sumbar: Kampanye Daring Saja agar Tak Melanggar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat melayangankan puluhan surat teguran kepada pelanggar masa kampanye pemilihan gubernur, bupati dan walikota serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Sampai tanggal 18 Oktober 2020 dalam melakukan pengawasan, menemukan sebanyak 37 pembubaran kampanye dilakukan. Kami juga memberikan teguran kepada tim pemenangan, calon dan parpol tersebut," ungkap Kordiv Bawaslu Sumbar, Vitner kepada media, Senin (19/10/2020).

Ditambahkannya, teguran dan pembubaran tersebut sudah dianggap telah melakukan pelanggaran yang diatur per-KPU, per-Bawaslu, undang-undang dan aturan lainnya. Perlu dilakukan tindakan demi Pilkada yang bersih.

Adapun tindakan yang telah dilayangkan Bawaslu, kata dia, berupa 2 buah surat teguran tertulis pelanggaran covid di Pilgub, 5 surat teguran tertulis pelanggaran Covid di pilbup/pilwako, 3 buah surat pembubaran kampanye di Pilgub Sumbar dan sebanyak 34 pembubaran kampanye pilbup/pilwako.

"Jika tidak dilakukan teguran dan pembubaran, maka Bawaslu akan dianggap tidak menjalankan tanggung jawab serta bisa dianggap pembenaran terhadap pelanggaran yang mengakibatkan cacatnya penyelenggaraan tahapan pilkada," terangnya.

Dijelaskan Vitner, dalam melakukan pengawasan, pihaknya akan memberikan tindakan pada siapapun yang melakukan pelanggaran tanpa terkecuali, agar Pilkada berjalan baik sesuai aturan, dan tidak ada masalah di kemudian hari.

"Masa kampanye akan berlangsung hingga November, semua kotestan Pilkada diminta untuk mematuhi protokol kesehatan. Kalau bisa, paslon dan tim pemenangan memaksimalkan sistem kampanye secara daring," tandasnya.(*)
 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]