Mulai Hari Ini, Gubernur Sumbar Keluarkan Instruksi Pengawasan Prokes Tempat Makan di Kota Padang


Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:29:20 WIB
Mulai Hari Ini, Gubernur Sumbar Keluarkan Instruksi Pengawasan Prokes Tempat Makan di Kota Padang Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno mengeluarkan surat edaran mengenai instruksi pengawasan protokol kesehatan di rumah makan, restoran, dan kafe yang ada di Kota Padang. Melalui surat tersebut, IP mengatakan pengawasan dilakukan karena meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Padang.

Surat edaran instruksi yang dikeluarkan Gubernur Sumbar pada, Selasa (20/10) itu juga menerangkan kasus positif Covid-19 yang meningkat karena salah satunya disebabkan masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan baik. IP juga mengatakan tidak disiplinnya masyarakat menjalankan prokes terjadi di tempat makan, restoran, ataupun kafe.

Sehingga, surat edaran tersebut dikeluarkan dan ditujukan kepada Wali Kota Padang beserta pengusaha tempat makan, restoran, dan kafe yang ada di Kota Padang. Isi surat itu adalah Gubernur Sumbar menginstruksikan agar Wali Kota Padang memperketat pengawasan dan penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 mengenai AKB di rumah makan, restoran, dan kafe.

Lalu, IP juga menginstruksikan kepada semua pengusaha tempat makan, restoran, dan kafe tanpa terkecuali wajib mengikuti test swab pemeriksaan ST-PCR paling lambar dua minggu setelah dikeluarkannya instruksi tersebut.

"Instruksi tersebut berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 20 Oktober 2020," kata IP melalui surat edaran Gubernur Sumbar.

Kemudian, untuk melakukan test swab ST-PCR bagi pengusaha tempat makan, restoran, dan kafe tidak dipungut biaya atau gratis dan segera menghubungi Dr Andani Eka Putra di kontak 0812-2695-4302). Bagi rumah makan, restoran, dan kafe yang telah melakukan test swab ST-PCR nantinya akan diberikan sertifikat.

Di akhir surat edaran itu, IP menegaskan bagi pelaku usaha yang tidak melakukan prokes dengan baik dan tidak melakukan test swab ST-PCR maka akan dikenakan sanksi berupa tempat usaha ditutup sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2020 mengenai AKB.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]