Molen Mini Produksi BUMNag Koto Nan Tigo Bahagia Padanggelugur Wakil Pasaman Dilomba TTG


Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:05:48 WIB
Molen Mini Produksi BUMNag Koto Nan Tigo Bahagia Padanggelugur Wakil Pasaman Dilomba TTG Tangkapan layar, penampakan molen mini produksi BUMNag Koto Nan Tigo, Nagari Bahagia Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Koto Nan Tigo, di Nagari Bahagia Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman menciptakan inovasi teknologi tepat guna (TTG) mesin molen mini. 

Alat untuk pengaduk semen itu berkapasitas satu zak semen, terbuat dari drum bekas, serta memanfaatkan mesin diesel mini pula untuk menggerakkannya. Keberadaan alat ini diyakini lebih efisien, murah dan hemat tenaga dibanding buatan pabrik. 

"Alhamdulillah, produksi molen mini made BUMNag Koto Nan Tigo ini sudah mewakili Pasaman pada lomba teknologi tepat guna (TTG) ditingkat Provinsi Sumatera Barat tahun ini," ujar Walinagari Bahagia Padanggelugur, Amri Pasaribu, Selasa (20/10/2020).

Ia mengatakan, saat ini lomba teknologi tepat guna tengah menunggu pengumuman pemenang oleh panitia di tingkat provinsi. Informasi terakhir, kata dia, molen mini produksi BUMNag setempat sudah masuk tiga besar. 

"Insyaallah, juara dua sudah ditangan, begitu informasinya yang kita dapatkan dari pihak DPM kabupaten. Semoga molen mini produksi BUMNag Koto Nan Tigo bisa memberi manfaat dan diterima oleh masyarakat," ujarnya. 

Molen mini itu, kata Amri, salah satu produksi unit usaha BUMNag Koto Nan Tigo dengan bidang usaha bengkel las. Saat ini, kata dia, BUMNag tersebut memiliki empat unit usaha. 

"Alhamdulillah, BUMNag Koto Nan Tigo, kini sudah memiliki empat unit usaha. Pertama, Bengkel Las, Prabot Rumah Tangga, Penggilingan Bubuk Kopi dan Cafe. Aset BUMNag, hingga kini senilai Rp800 juta lebih," pungkas Amri.

Lanjut Amri, pihak nagari juga menjalin kerjasama dengan BUMNag untuk memberikan pelatihan keterampilan (skill) kepada para pemuda di nagari itu. Tujuannya, kata dia, agar pemuda setempat memiliki kualitas . 

"Tiap tahun, kita mengadakan pelatihan keterampilan sesuai bidang usaha yang dimiliki BUMNag untuk 100 an pemuda di nagari itu, Seperti, pelatihan tata boga, las, pelatihan menjahit, instalasi listrik, bikin sofa, kursi lipat, kuzen, pintu serta kursi lipat," katanya. (*)

 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]