Sapu Bersih Korupsi, PNP Terapkan WBS


Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:27:30 WIB
Sapu Bersih Korupsi, PNP Terapkan WBS Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Wakil Direktur I Politeknik Negeri Padang (PNP), Revalin Herdianto mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah menerapkan program Whistle Blowing System (WBS) sebuah sarana pelaporan bagi kalangan intern khususnya dan masyarakat untuk melaporkan adanya perilaku atau tindakan yang melanggar kode etik dan perilaku menyimpang.

"Artinya, Politeknik Negeri Padang adalah pihak yang mengungkap fakta kepada publik sehubungan dengan terjadinya pelanggaran, skandal, bahaya, malpraktik, dan korupsi," kata Revalin, baru-baru ini.

Revalin menjelaskan, pengertian WBS menurut Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2000 adalah orang yang memberi suatu Informasi kepada penegak hukum atau komisi mengenai terjadinya suatu tindakan pidana korupsi dan bukan pelapor.

Beberapa laporan WBS adalah hal-hal yang mencakup mengenai fraud atau penipuan, pelanggaran kode etik, dan pelanggaran peraturan. Untuk pelanggaran peraturan bisa diklasifikasikan sebagai pelanggaran berat, ringan atau sedang.

Dengan adanya WBS, keterbukaan informasi semakin luas aksesnya, sehingga dapat berpartisipasi dalam upaya meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh para aparatur negara.

Untuk meminimalisir pelanggaran, diperlukan komitmen bersama untuk menolak dan melapor apabila mengetahui adanya pelanggaran yang tidak sesuai ketentuan, membentuk UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi) Pembantu dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3)  dan menyusun konsep/ rencana aksi program. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]