Sutan Riska Tegaskan Konektivitas Antar Wilayah Kecamatan Itu Penting


Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:24:39 WIB
Sutan Riska Tegaskan Konektivitas Antar Wilayah Kecamatan Itu Penting Bupati Petahana Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pada suatu kesempatan meninjau proyek peningkatan jalan dan jembatan yang menjadi sarana tersambungnya ruas penghubung guna membuka akses lebih luas bagi masyarakat setempat, belum lama ini.

HARIANHALUAN. COM - Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menegaskan membangun konektivitas antar wilayah kecamatan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, memiliki arti dan peranan strategis untuk kemajuan daerah itu. 

Menurutnya, upaya yang telah dilaksanakan pemerintah daerah dalam kurun waktu lima tahun terakhir, adalah guna memperlancar akses dari seluruh kecamatan dengan Kecamatan Pulau Punjung khususnya Nagari Sungai Kambut, yang merupakan ibukota kabupaten sekaligus pusat pemerintahan. 

"Program tersebut sebahagiannya adalah rintisan dari bupati sebelumnya, karena dinilai mampu memberikan multiplier efek yang besar, maka saya bersama pihak terkait berupaya menuntaskannya semata-mata demi kepentingan masyarakat luas, " Ungkapnya, di Dharmasraya, Selasa (20/10). 

Ia mencontohkan, seperti ruas jalan Pulau Punjung menuju Kecamatan Timpeh melewati kawasan Bukik Lantak yang pembangunannya dimulai pada era Bupati Marlon Martua, saat ini sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Efek yang paling terasa, lanjutnya, salah satunya dari sektor riil dimana sudah banyak warga kedua kecamatan tersebut bisa berinteraksi secara ekonomi dengan mudah, disamping semakin dekatnya jarak tempuh dalam menjangkau fasilitas layanan publik yang ada di pusat pemerintahan.

Sementara di pusat pemerintahan sendiri, jelasnya, pihaknya terus berupaya menyiapkan infrastruktur pendukung dan penyangga, seperti pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, pengembangan Kampus III Universitas Andalas, dan lain sebagainya. 

"Secara bertahap nantinya seluruh fasilitas publik tersebut akan tersambung baik dengan mengedepankan kemudahan dan kelancaran akses serta kemudahan lainnya bagi masyarakat, selain berupaya mendekatkan akses layanan publik lainnya seperti bidang kesehatan dan pendidikan, " Ulasnya. 

Khusus dibidang kesehatan, tambahnya, jika kembali dipercaya memimpin Kabupaten Dharmasraya pada periode berikutnya, ia sudah menyiapkan program pembangunan sedikitnya empat rumah sakit baru untuk menjangkau masyarakat yang berada cukup jauh dari instalasi medis. 

"Sejalan dengan itu, gedung baru RSUD Sungai Dareh terus diupayakan bisa meningkat statusnya menjadi rumah sakit rujukan utama jika instalasi medis dibawahnya seperti Rumah Sakit tipe C serta Puskesmas Rawat Inap tidak bisa lagi menangani pasien yang membutuhkan pertolongan lebih lanjut, " Jelas Sutan Riska. 

Ia menegaskan, seluruhnya tidak akan mungkin terlaksana dengan mengandalkan dana kas daerah, sehingga kualitas hubungan dan kerjasama dengan pihak pemerintah provinsi dan pusat menjadi penting dan itu semua bukanlah hal yang mudah jika tidak didukung kekuatan politik yang besar. 

Menurutnya, sejauh ini harmonisasi hubungan itu sudah berlangsung baik, dan yang terbaru hal itu dibuktikan dengan adanya sambutan positif pemerintah pusat untuk menyambung akses ke jalan tol Trans Sumatera demi mempertahankan kawasan tersebut dan daerah sekitar tetap menjadi daerah perlintasan. 

"Saat ini saya juga sedang melakukan upaya strategis lainnya untuk merealisasikan rencana pembangunan bandara penyangga di Dharmasraya, jika terwujud maka efeknya akan luarbiasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), " Ungkapnya.

Karena,tambahnya, upaya mempersingkat waktu tempuh terhadap suatu titik dengan memperlancar akses melalui pembangunan infrastruktur, dapat memicu peningkatan arus populasi dan perpindahan orang serta barang dari dan ke Dharmasraya.

"Dengan demikian upaya peningkatan dan pengembangan ekonomi masyarakat dari sektor riil, akan lebih mudah dicapai seiring meningkatnya perputaran uang pada tingkat lokal," tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]