Visoner, Ali Mukhni Sebut MUALIM Ingin Wujudkan Sumbar Berkah dan Sejahtera


Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:29:16 WIB
Visoner, Ali Mukhni Sebut MUALIM Ingin Wujudkan Sumbar Berkah dan Sejahtera Cawagub Sumbar, Ali Mukhni

HARIANHALUAN.COM - Saat Kontestasi Pilkada seperti ini sangat lazim bila setiap kepala daerah menyampaikan visi dan misinya. Biasanya berbagai visi yang muluk-muluk seperti kemakmuran, kemajuan, kehebatan, dan lain sebagainya akan diumbar oleh para kandidat. 

Berbeda dengan kebanyakan calon kepala daerah, pasangan MUALIM (Mulyadi-Ali Mukhni) justru muncul dengan visi Sumbar Berkah dan Sejahtera. Apa yang berbeda? Dan mengapa Visi ini yang diusung?

Ditemui saat berkunjung ke Palolok, Bukittinggi (17/10/2020), Ali Mukhni, calon wakil gubernur Sumbar mengatakan, Ir. Mulyadi (calon Gubernur-red) dan dirinya sepakat  untuk mengusung Sumbar Berkah dan Sejahtera, hal ini lantaran budaya Minangkabau erat bersumber pada falsafah Adat Basandi Sarak-Sarak Basandi Kitabullah. Inilah yang memotivasi pasangan MUALIM dalam memimpin Sumbar jika terpilih nantinya.

“Budaya minang ini sangat kaya, kalau visi dan misi kita berangkat dari situ (ABS-SBK- red) Insya Allah, keberkahan ini akan mengantarkan masyarakat Sumbar jadi sejahtera,” ungkap Ali.

Bagi Ali, banyak yang memimpikan membangun kota atau daerah dengan visi yang sangat nominal, atau dengan ukuran-ukuran tertentu namun mengabaikan esensi pembangunan itu. Baginya pusat pembangunan ada pada Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga agama dan budaya menjadi modal utama yang mutlak dibutuhkan.

“Kalau mengejar keberkahan dan kesejahteraan untuk sumbar maka kita punya dua indikator, indikator agama dan indikator dunia atau pakai ilmu pengetahuan yang bisa kita pakai,” ujar Ali.

Baginya indikator keberkahan ialah kalau seluruh masyarakat Sumbar, baik pemimpin maupun rakyat bersama-sama mau menjalankan ritual keagamaan yang menjadi tanggung jawab pribadi. Ia menilai dengan kesadaran tersebut pemerintahan yang baik bisa tercipta dan masyarakat bisa percaya terhadap pemimpinnya.

Baginya indikator lain dari keberkahan terlihat dari seberapa seringnya masyarakat Sumbar terlibat dalam aktifitas keagamaan. Bukan dikontrol secara langsung oleh pemerintah. Ia mengaku masyarakat Sumbar punya rujukan yang kuat bersumber dari ABS-SBK, jadi tak perlu lagi diintervensi.

Sedangkan indikator kesejahteraan baginya bisa diukur dari IPM, Gini Rasio, Tingkat Pengangguran dan Angka Kemiskinan, serta banyak indikator ekonomi lainnya. Diakuinya, Dua dimensi kehidupan masyarakat Sumbar yaitu bernegara dan beragama sekaligus adalah cara mereka merayakan keindonesiannya. Hal inilah yang menjadikan orang Minangkabau unik. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]