Puluhan Satpam Datangi PN Padang, Menuntut Keadilan Atas Vonis Terhadap Rekannya


Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:56:49 WIB
Puluhan Satpam Datangi PN Padang, Menuntut Keadilan Atas Vonis Terhadap Rekannya Puluhan Satpam Datangi PN Padang, Menuntut Keadilan Atas Vonis Terhadap Rekannya

HARIANHALUAN.COM - Tak terima vonis yang diberikan hakim kepada rekannya, puluhan Satpam datangi Pengadilan Negeri (PN) Klas 1A Padang. Diketahui, dua oknum satpam dinilai bersalah telah melakukan penganiayaan hingga menyebabkan meninggalnya seseorang, Selasa (20/10/2020).

Berdasarkan pantauan harianhaluan.com, atas kedatangan puluhan Satpam yang menuntut keadilan atas vonis yang diberikan kepada kedua rekannya, aktivitas pelayanan di PN tersbeut sempat terhenti.

Para pengunjung pun tersorot kepada puluhan Satpam itu yang tiba-tiba datang didepan pintu persidangan. Berbagai teriakan disampaikan oleh mereka, diantaranya ketidakterimaan atas putusan hakim Pengadilan terhadap rekannya tersebut.

Kemudian puluhan Satpam terus meneriaki ketidakadilan majelis hakim dan merasa kehadiran Satpam merasa tersisihkan serta tidak mempedulikan hak-haknya sebagai petugas yang menjaga aset negara.

Mereka beranggapan bahwa posisi kedua rekannya saat itu juga sebagai korban yang sedang melindungi dirinya dari ancaman pembunuhan. Kemudian bentuk pembelaan diri dari rekannya itu tidak dipertimbangkan oleh majelis hakim dalam putusan itu.

Sementara diketahui, majelis hakim telah menjatuhkan pidana penjara kepada kedua terdakwa. Masing-masingnya divonis berbeda, terdakwa Efendi divonis selama 4 tahun dan 6 bulan sesuai dengan pasal yang dituntut yakni pasal 351 ayat (3) KUHP. Sedangkan rekannya Eko menerima vonis selama 1 tahun 6 bulan kurungan dikurangi masa tahanan, melanggar pasal pasal 351 ayat (1) KUHP.

"Terdakwa Eko Sulitiyono divonis selama 1 tahun 6 bulan dan Efendi Putra selama 4 tahun 6 bulan kurungan," ujar mejelis hakim yang diketuai Leba Max Nandoko didampingi Yose Ana Rosalinda dan Agnez Sinaga saat membacakan amar putusan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut kedua terdakwa dalam sidang sebelumnya. Terdakwa Efendi dituntut selama 7 tahun 6 bulan penjara dan Eko selama 2 tahun 6 bulan.

Berdasarkan dakwaan, perbuatan itu setelah melakukan patroli, terdakwa Efendi berhenti dan turun dari sepeda motor menuju ke dermaga umum, sedangkan terdakwa Eko melanjutkan patroli sendiri dengan berjalan kaki dan menuju ke dermaga VII, serta duduk di pos jaga.

Tak lama kemudian, terdakwa Eko melihat Adek Firdaus (korban) masuk ke dermaga VII. Melihat hal itu, terdakwa Eko menghampiri korban dan menegurnya, karena area tersebut dilarang untuk dimasuki. Saat itu, korban beralasan masuk ke area tersebut untuk memancing.

Pada waktu korban ke luar dari area, ternyata korban malah masuk ke mes PT. CSK Dermaga Beton Umum Pelabuhan Teluk Bayur. Namun keberadaan korban diketahui oleh terdakwa Eko, dan terdakwa pun kembali menyuruh korban untuk ke luar dari mes. Terdakwa Eko meminta bantuan berupa isyarat, kepada terdakwa Efendi.

Di saat untuk meninggalkan kawasan tersebut, korban marah dan berkata kasar, kepada kedua terdakwa. Terdakwa Eko menarik lengan jaket korban, dan korban pun melawan, sehingga terjadi pemukulan dan perkelahian. Namun pada saat itu, terdakwa Eko yang saat itu, memegang tongkat, sempat terjatuh ke lantai pada waktu perkelahian.

Kemudian tanpa disadari, ternyata korban memegang pisau, dan terdakwa Efendi melihat hal tersebut. Pada saat itu lagi-lagi perkelahian kembali terjadi, namun kali ini terdakwa Efendi membantu terdakwa Eko hingga pisau yang dipegang korban jatuh. Tanpa disadari, korban memiliki golok yang disimpan di dalam jaketnya dan korban kembali menyerang terdakwa Efendi.

Perkelahian tersebut membuat korban mengeluarkan darah, karena terdakwa Efendi berhasil mengambil pisau milik korban yang terjatuh dan menusukkan ke paha sebanyak satu kali dan ke arah dada korban juga satu kali, hingga korban tertelungkup. Akibatnya korban meninggal dunia. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]