Berinovasi, Jorong di Nagari Kurnia Selatan Berlakukan Layanan Satu Pintu


Selasa, 20 Oktober 2020 - 22:56:32 WIB
Berinovasi, Jorong di Nagari Kurnia Selatan Berlakukan Layanan Satu Pintu Pengurus dan anggota Asosiasi Kepala Jorong Nagari Kurnia Selatan, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 kejorongan di Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, memberlakukan layanan satu pintu bagi masyarakat nagari tersebut yang membutuhkan layanan administrasi dan rekomendasi yang dibutuhkan. 

"Ini merupakan bentuk inovasi layanan publik bagi kami demi memberi kemudahan kepada masyarakat yang diintegrasikan dalam wadah Asosiasi Kepala Jorong Kurnia Selatan ( AKJO-KURSEL), " Kata Ketua Asosiasi tersebut, Word Daintis Dt Indo Marajo Nan Kuniang, di Dharmasraya, Selasa (20/10) malam. 

Ia mengungkapkan, inovasi tersebut lahir dilatarbelakangi oleh adanya kendala oleh masing-masing kepala jorong yang ada dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, berupa ketersediaan waktu dan kendala lainnya seperti kewajiban mereka untuk menafkahi keluarga. 

Sehingga, lanjutnya, keluhan tentang lamanya waktu pengurusan dan prosedur yang dirasa berbelit kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat luas. 

"Dengan alasan itu, akhirnya kami membangun sebuah wadah yang bertugas memberikan pelayanan secara satu pintu, tanpa harus menyalahi kewenangan dan batas wilayah administrasi serta aturan ketatanegaraan yang berlaku, " Jelasnya. 

Pasca dideklarasikan sejak 2018, ungkapnya, Asosiasi tersebut berkembang tak hanya menjadi wadah peningkatan layanan publik, kelompok tersebut akhirnya berkembang menjadi wadah meningkatkan taraf ekonomi masing-masing kepala jorong, dengan mengembangkan usaha pertanian tanaman muda yang modalnya berasal dari iuran pribadi. 

Disinggung tentang jumlah warga yang datang berurusan setiap harinya, ia mengatakan rata-rata dalam satu hari kerja pihaknya melayani warga sebanyak 16 sampai 20 orang warga. 

"Masyarakat yang datang akan memperoleh surat keterangan atau rekomendasi yang diperlukan, dengan pengesahan dari Asosiasi dan dokumen tersebut sudah diakui keabsahannya sebagai dokumen resmi oleh pihak Wali Nagari, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Badan Musyawarah Nagari, " tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]