Driver Online Banting Setir Jadi Petani, Audy Joinaldy: Ketahanan Pangan di Tengah Krisis Pandemi Bukanlah Hal yang Mustahil


Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:54:46 WIB
Driver Online Banting Setir Jadi Petani, Audy Joinaldy: Ketahanan Pangan di Tengah Krisis Pandemi Bukanlah Hal yang Mustahil Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy mengunjungi pertanian rumah tangga milik salah satu Anggota Komunitas Driver Online Kota Padang, Chandra.

HARIANHALUAN.COM - Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy mengunjungi pertanian rumah tangga milik salah satu Anggota Komunitas Driver Online Kota Padang, Chandra di Kelurahan Koto Nan Baru XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Selasa 20 Oktober 2020.

Chandra yang dulunya driver online mengaku banting setir menjadi petani rumahan dikarenakan wabah corona melanda. Tidak hanya dirinya yang terdampak pandemi Covid-19 ini, pendapatan  para driver Kota Padang bekurang karena kesulitan mendapatkan penumpang.  

“Corona membuat penghasilan para driver tidak menentu. Awalnya cerita dari teman membuat tertarik bertani belajar dari Youtube ,” jawab Chandra saat berbicang-bincang bersama Audy.

Perjuangan Chandra tidaklah mudah, 100 bibit cabai yang awalnya ia tanam. Sayangnya hanya 10 bibit cabai yang jadi berhasil tumbuh. Semangat dari orang terdekat membuat ia terus berjuang hingga membuahkan hasil.

“Motivasi dari istri dan teman-teman membuat saya terus mencoba. Alhamdulillah berbuah hasil,” kata Chandra

Saat ini, hasil tani yang ia panen mampu memenuhi kebutuhan dapur rumah tangganya. Selain itu, hasil taninya dapat membantu driver lainnya sedang mengalami kesusahan.

Setelah banyak berbincang, Chandra yang mengunakan kaos berwarna merah memandu Audy untuk melihat tanaman holtikultura miliknya. Jenis tanaman yang ia tanami yaitu, cabai, tomat, terong dan tamanan jenis lainnya.

Melihat cerita dari Chandra, Audy sangat takjub. Audy mengatakan, ketahanan pangan ditengah krisis pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mustahil.

“Dengan melihat perjuangan pak Chandra. Saya harap masyarakat dapat menyadari ketahanan bisa dibentuk dari rumah induvidu tersebut,” tutur Pemimpin Lintas Agro Group yang bergerak di bidang pertanian ini.

Selain itu, untuk mengatasi ketahanan pangan ini harus adanya kerja sama antara masyarakat dan pemerintah.

“Masyarakat yang membuka pertanian rumahan, nantinya pemerintah akan fasilitasi benih atau bantuan sayur dan jangan sampai patah semangat harapan itu pasti ada,” lanjut Audy.

Usai kegiatan, Chandra mengajak Audy untuk menanam durian montong di belakang perkarangan rumahnya sebagai bentuk suburnya pertanian Sumbar kedepannya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: redaks[email protected]