3 Remaja Ditangkap Gegara Keroyok Anggota Polisi saat Demo


Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:58:39 WIB
3 Remaja Ditangkap Gegara Keroyok Anggota Polisi saat Demo Tiga orang remaja dan tiga orang penadah terpaksa diamankan polisi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tiga orang remaja dan tiga orang penadah terpaksa diamankan polisi, karena terlibat kasus pengeroyokan terhadap anggota Polri di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat pada saat demo tanggal 8 Oktober 2020 kemarin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, peristiwa itu terjadi saat para perusuh demo tengah membuat kerusuhan dan melakukan pengerusakan Pos Polisi dan Halte Busway di kawasan tersebut. Disitu, ada masyarakat yang mengingatkan para perusuh untuk tak melakukan perusakan.

"Kelompok perusuh itu tidak terima, dan masyarakat yang sedang memperingatkan tindakan mereka itu menjadi sasaran pengeroyokan. Nah anggota Polda Metro Jaya, AJS ini baru pulang melakukan pengamanan demo dan melerainya," ujarnya pada wartawan, Rabu (21/10/2020).

Bukannya pergi pasca dilerai, kata dia, kelompok perusuh itu justru memukuli anggota polisi itu hingga korban mengalami luka di bagian mata, punggung, bahu, dada, dan kepalanya. Korban pun saat ini masih dilakukan perawatan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur mengingat lukanya cukup parah.

"Usai memukuli anggota, pengeroyok itu juga merampas barang-barang milik korban, termasuk handphonenya dan kartu pengenal anggota Polri juga dia ambil itu," tuturnya.

Usai melakukan pengeroyokan, paparnya, pelaku yang telah merampas barang berharga korban lantas menjual barang berharga itu ke penadah, khususnya handphone. Polisi pun akhirnya berhasil menciduk para pelaku yang terlibat pengeroyokan disertai perampasan itu.

"Ada enam orang yang kami amankan, tiga orang itu pengeroyok dan tiga orang lainnya selaku penadah. Dari hasil keterangan awal, ada lima orang yang melakukan pengeroyokan, dua orang lainnya DPO dan sedang dilakukan pengejaran," terangnya.

Dia menerangkan, tiga remaja yang melakukan pengeroyokan dan diamankan itu berinisial MMR (21), SD (18), dan MF (17), sedangkan tiga orang penadah yang diamankan berinisial Y (29), FA (24), dan AI (25). Masih ada dua orang DPO selaku pengeroyok, yang mana masih dikejar polisi.

"Kami masih dalami kemungkinan pelaku lainnya dalam kasus ini selain dua DPO itu. Untuk SD dan MF yang masih dibawah umur, proses hukumnya pun berbeda dengan orang dewasa, mereka kami titipkan di rumah aman dengan berkoordinasi dengan Bapas," jelasnya.

Dia menambahkan, para pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP dan atau pasal 170 KUHP dan atau pasal 480 KUHP dengan ancaman hukum maksimal 9 tahun dan atau minimal 4 tahun.
 

/ Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]