Dalam Dua Pekan, Sebanyak 840 warga Padang Terjaring Razia AKB


Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:22:52 WIB
Dalam Dua Pekan, Sebanyak 840 warga Padang Terjaring Razia AKB Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang sedang melakukan razia Perda AKB

HARIANHALUAN.COM -- Selama dua minggu dilakukan razia penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang telah menjaring 840 warga Padang dalam razia  tersebut.

"Semua masyarakat yang terjaring, merupakan hasil razia yang kita lakukan selama dua minggu ke belakang, Kita razia setiap hari secara masif," ujar Kasat Pol PP Padang, Alfiadi, Selasa (21/10/2020).

Kepada warga yang melanggar, kata dia, juga telah diberikan sanksi, baik sanksi sosial maupun sanksi administrasi. Hal itu dilakukan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat yang mau menjalani sanksi sosial berupa menyapu jalan, maka diberikan sanksi administrasi dengan membayar sebesar Rp100 ribu," terang Alfiadi.

Dijelaskannya, dari 840 warga yang terjaring, sebanyak 36 orang diberikan sanksi administrasi. Dari jumlah tersebut, masih sulit untuk mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan pola hidup baru. 

"Ini merupakan tantangan bagi kita dalam melakukan sosialisasi. Sehingga kebiasaan pola hidup baru benar-benar terealisasi di tengah masyarakat, mengingat Kota Padang masih zona merah," ungkapnya lagi.

Selanjutnya, sambung Alfiadi, pihaknya telah membentuk duta perubahan perilaku masyarakat berdasarkan surat edaran Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) dalam mensosialisasikan perubahan pola hidup baru.

"Total personel yang menjadi duta perubahan perilaku masyarakat berjumlah 25 orang. Pemerintah pusat menunjuk 57 kabupaten dan kota di Indonesia dalam pembentukan duta ini, termasuk Kota Padang," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]