Harmiwati: Asal Usul Teknik Kimia, Berawal dari Putusnya Komunikasi Ilmu Mesin dan Kimia


Rabu, 21 Oktober 2020 - 17:39:28 WIB
Harmiwati: Asal Usul Teknik Kimia, Berawal dari Putusnya Komunikasi Ilmu Mesin dan Kimia Dosen Politeknik ATI Padang, Harmiwati.

HARIANHALUAN.COM - Dosen Politeknik ATI Padang, Harmiwati menjelaskan, Teknik Kimia merupakan suatu ilmu rekayasa atau teknik yang mengkonversikan atau mengubah proses bahan baku menjadi produk yang berdaya guna dan memiliki nilai tambah ekonomi melalui proses-proses kimia, fisika, maupun biologi baik skala kecil maupun skala besar industri.

Teknik kimia ilmu yang aplikatif yang memadukan konsep ilmu sains dan ilmu rekayasa untuk melakukan scail up pada skala industri.

"Pernah kami membaca teknik kimia lahir karena adanya karena putusnya komunikasi ilmu teknik mesin dengan ilmu kimia. Jadi orang kimia bisa membuat sesuatu tetapi tidak bisa mengaplikasikan ke salah satu pabrik, dan teknik mesin mereka bisa membuat tapi tidak mengerti proses," jelas Hamiwati saat kegiatan GOSEN (Ngobrol Bareng Dosen) Teknik Kimia Bahan Nabati Series 2 melalui aplikasi Zoom, Rabu (21/10/2020).

Sehingga kata Harmiwati, lahir teknik ilmu kimia dengan memadukan konsep ilmu sains kedalam ilmu rekayasa untuk melalukan scail up pada dunia industri.

"Jadi kalau kita orang industr berkecimpungan pada bagian proses, mulai bahan masuk sampai produk dihasilkan itu menjadi tanggungjawabnya keilmuan teknik ini," ujar Harmiwati.

Menurut Harmiwati, keilmuan teknik kimi sangat dengan kehidupan sehari-hari. Karena di teknik kimia akan dipelajari terkait pengecilan ukuran, pemecahan, penggilingan, pemuatan belajar, pemanasan, mata kuliah pemindahan panas, konversi, hingga pengendapan.

"Ternyata ilmu yang kita pelajari itu tidak jauh-jauh dari kehidupan yang kita hadapi. Seperti, kota menyeduh teh, teh yang enak pasti memiliki rasa legit, ketika menyeduh teh dengan temperatur berbeda yang satu tinggi dan rendah. Ini akan mempengaruhi cita rasanya," papar Harmiwati.

Lebih lanjut, kata Harmiwati, teh ataupun kopi sebelum dijual ke masyarakat pasti akan mengalami pengecilan ukuran terlebih dahulu. Tujuannya untuk memperluas permukaan material sehingga proses akan mempengaruhi proses kimia. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]