Politeknik ATI Padang Ciptakan Sensor Suhu Mandiri Covid-19, Dalam Beberapa Detik Hasilnya Keluar


Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:31:09 WIB
Politeknik ATI Padang Ciptakan Sensor Suhu Mandiri Covid-19, Dalam Beberapa Detik Hasilnya Keluar Direktur Politeknik ATI Padang Ester Edwar. Ist

HARIANHALUAN.COM - Sejak pandemi Corona atau Covid-19 muncul hampir semua masyarakat mengalami kendali dalam menjalani kehidupan yang norma. Karena adanya pembatasan-pembatasan harus dilakukan dalam mencegah penularan virus tersebut.

Hal itu disampaik Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edwar, dikutip Harianhaluan.com dari Youtube Channel Politeknik ATI Padang, Rabu (21/10/2020).

"Namun saat ini pemerintah sudah meminta masyarakat untuk menerapkan kehidupan normal baru agar masyarakat tetap produktif namun aman dari Covid-19," ujar Ester.

Ester menambahkan, kelompok dosen Politeknik ATI Padang yang dimotori oleh Isra Mouludi membuat sebuah alat sensor pendeteksi suhu secara mandiri untuk menimalisir kontak fisik.

Ester menjelaskan, cara kerja dari sensor suhu mandiri ini adalah dengan mengarahkan tangan dari satu sampai lima centimeter pada alat sensor sampai terdeteksi oleh sensor jarak. Setelah terdeteksi tahan tangan atau diam sejenak sampai terdengar bunyi buzzer satu kali.

"Kemudian pada LCD akan muncul hasil membacaan suhu, apabila terdeteksi sama atau di atas 37,5 derajat maka buzzer akan berbunyi panjang," papar Ester.

Ester menyebutkan, alat ini juga bisa terdeteksi melalui bluetooth dengan gadget petugas yang berada di dalam gedung kampus pendidikan vokasi tersebut. Jika tamu yang datang bersuhu tubuh normal maka petugas dapat mempersilakan tamu tersebut untuk masuk ke dalam gedung.

Terakhir, Ester juga mengingatkan untuk terus menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]