Kaum Datuk Nan Salapan Kerajaan Koto Besar Angkat Sumpah Menangkan Sutan Riska


Rabu, 21 Oktober 2020 - 23:40:40 WIB
Kaum Datuk Nan Salapan Kerajaan Koto Besar Angkat Sumpah Menangkan Sutan Riska Kegiatan kampanye rapat terbatas yang diselenggarakan masyarakat adat Datuk Nan Salapan Kerajaan Koto Besar di Nagari Koto Laweh Rabu (21/10) malam.

HARIANHALUAN.COM - Tokoh adat beserta kaum Datuk Nan Salapan Kerajaan Koto Besar mengangkat sumpah untuk memenangkan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. 

Ketegasan itu disampaikan melalui salah seorang pemuka masyarakat Nagari Koto Laweh Kecamatan Sungai Rumbai, Latif Iswanto, dihadapan utusan masyarakat adat di daerah itu, pada kegiatan kampanye rapat terbatas yang diselenggarakan di nagari tersebut, Rabu (21/10) malam. 

Menurutnya, kebulatan tekad tersebut dilahirkan demi mempertahankan pencapaian pembangunan yang sudah berhasil ditorehkan Bupati Petahana itu, pada periode pertama kepemimpinannya. 

Khusus untuk kawasan itu, ide cerdas untuk mengembangkan Nagari Koto Laweh menjadi kawasan strategis sebagai pintu gerbang kabupaten itu dari arah selatan, penting untuk dilanjutkan karena memiliki efek percepatan ekonomi cukup besar bagi Dharmasraya secara umum. 

"Sutan Riska Tuanku Kerajaan sudah meletakkan pondasi awalnya, kami yakin pada masa pemerintahannya bersama Dasril Panin Dt Labuan upaya pengembangan kawasan tersebut akan lebih mudah diwujudkan dengan menggabungkan dua potensi kepemimpinan yang besar oleh dua tokoh besar ini, " Tegasnya. 

Menurutnya, duet kepemimpinan ideal itu adalah jawaban atas keinginan segenap masyarakat Dharmasraya yang menginginkan kampung halamannya maju dan berkembang, sebab keduanya dikenal memiliki jaringan yang luas dan punya hubungan kedekatan dengan pihak pemerintah pusat. 

Ia menegaskan, sebagai bagian dari kaum adat yang dikenal memiliki sikap dan komitmen yang kuat, menjadi modal utama sekaligus benteng pertahanan yang kuat untuk tidak terbujuk rayu dengan program- program yang belum teruji pelaksanaannya. 

"Menjadi pemimpin itu bukan sesuatu yang bisa dibuat main-main demi memenuhi hasrat untuk berkuasa, seluruhnya harus diperhitungkan matang dari berbagai sisi dan Sutan Riska selaku Bupati sekaligus pucuk pimpinan tertinggi di Kerajaan Koto Besar sudah memperlihatkan keteladanan itu, " Ucapnya.

Untuk mendukung nilai perjuangan tersebut, ia menyatakan masyarakat adat yang berada dibawah lindungan Kerajaan Koto Besar telah sepakat untuk tidak mengharapkan uang dalam pilkada kali ini. 

"Yang kita inginkan adalah pembangunan yang berkelanjutan, terwujudnya kesejahteraan masyarakat disemua bidang. Dan ini kita yakini akan terlaksana bersama pasangan Sutan Riska - Dasril Panin Dt Labuan," Tegasnya

Ia mengatakan, apa yang disampaikan itu bukanlah tanpa alasan, karena selama ini kawasan itu merupakan salah satu nagari tertinggal, dan saat ini telah berhasil menjadi nagari berkembang. 

"Kemajuan ini merupakan bukti nyata dari kinerja Sutan Riska selama 5 tahun terakhir, untuk itu, jikalau amanah sebagai Bupati Dharmasraya pada periode ke depan kita percayakan kembali dipimpin oleh Sutan Riska, kami meyakini Nagari Koto Laweh dan Dharmasraya secara umum akan semakin baik, sesuai dengan visi menjadikan Dharmasraya yang Maju, Mandiri dan Berbudaya, " Ungkapnya

Menjawab keinginan masyarakat tersebut, Calon Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan  yang didampingi Dasril Panin Dt Labuan mengatakan bahwa kemajuan dan perkembangan Dharmasraya merupakan wujud kebersamaan kita dalam membangun Dharmasraya. 

"Bagi saya pribadi, amanah yang diberikan itu bukanlah sesuatu yang mudah dan memerlukan kerja keras serta tekad kuat yang harus dibangun bersama semata-mata demi kemajuan Dharmasraya ke depan," ungkapnya. 

Apalagi, lanjutnya, fakta dana kas daerah yang tidak sebanding dengan tingkat kebutuhan masyarakat menjadi tantangan tersendiri yang harus dicarikan solusinya, dan tentu saja hal itu tidak semudah yang dibayangkan. 

"Berkat perjuangan dan doa kita bersama, maka keinginan untuk menjadikan Dharmasraya sebagai daerah yang mandiri dan mampu melayani warganya dengan baik dan berkualitas, bisa dilanjutkan jika dirinya kembali dipercaya memimpin Kabupaten Dharmasraya," tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]