STAI Solok Nan Indah Gencar Lakukan Pembenahan demi 'Mambangkik Batang Tarandam'


Kamis, 22 Oktober 2020 - 12:13:37 WIB
STAI Solok Nan Indah Gencar Lakukan Pembenahan demi 'Mambangkik Batang Tarandam' Kardinal

HARIANHALUAN.COM - Setelah dipercaya menakhodai Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Solok Nan Indah sejak 6 bulan lalu, Kardinal mulai melakukan pembenahan ke dalam dan gencar melakukan sosialisasi tentang keberadaan STAI Solok Nan Indah.

Ketika ditemui harianhaluan.com di kampus STAI Jalan Syekh Kukut Nomor 1 Kota Solok, mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan dan Kabupaten Solok itu mengakui tugas yang dimandatkan oleh Yayasan Pembangunan Pengembangan Pendidikan Solok Nan Indah (YP3SNI) sangat berat karena STAI yang dikelolanya ibarat membangkit batang tarandam.

Pasca terjadinya krisis di tubuh STAI sejak 6 tahun lalu, jumlah mahasiswa terus merosot karena hilangnya kepercayaan masyarakat pada STAI Solok Nan Indah walaupun yang bermasalah itu dulunya Universitas Islam Sumayera Barat (UISB) yang juga berada di bawah naungan YP3SNI.

"Namun imbasnya ke STAI sehingga calon mahasiswa yang hendak menimba ilmu di STAI turun drastis bahkan tidak ada calon mahasiswa yang mendaftar di STAI. Tapi secara bertahap, alhamdulillah, untuk tahun akademik 2020/ 2021, jumlah calon mahasiswa semester I sebanyak 56 orang. Sedangkan mahasiswa semester III, V, VII dan IX 35 orang," papar Kardinal.

Untuk calon mahasiswa semester I sudah melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sejak 2 minggu belakangan ini. Kuliah umum bagi calon mahasiswa baru menampilkan narasumber Gamawan Fauzi mantan Menteri Dalam Negeri era Predisen SBY. Gamawan Fauzi juga merupakan pendiri (YP3SNI).

Di STAI SNI, lanjut Kardinal, ada 3 program studi masing-masing Pendidikan Agama Islam  PAI), Pendidikan Guru Madrasah Iptidaiyah (PGMI) dan Hukum Keluarga. Ke 3 prodi itu sudah terakreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Tahun depan, STAI SNI segera mengajukan ke BAN-PT untuk bisa dilakukan reakreditasi, jika memenuhi persyaratan bisa berubah status ke B," paparnya.(*)

Reporter : Alfian /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]