Pascagempa Berulang, Sestama BNPB Harmensyah Cek Kesiapsiagaan Masyarakat Mentawai


Kamis, 22 Oktober 2020 - 12:21:11 WIB
Pascagempa Berulang, Sestama BNPB Harmensyah Cek Kesiapsiagaan Masyarakat Mentawai Sekertaris Utama (Sestama) BNPB Ir. Harmensyah Dipl, SE,MM langsung berkunjung ke Mentawai, Kamis (22/10).

HARIANHALUAN.COM - Pasca gempa yang akhir-akhir ini berulang kali mengguncang Kepulauan Mentawai, khususnya di Pagai Selatan, mengundang perhatian pemerintah pusat. Untuk itu, Sekertaris Utama (Sestama) BNPB Ir. Harmensyah Dipl, SE,MM langsung berkunjung ke Mentawai, Kamis (22/10).

"Kami datang untuk mengecek kesiapsiagaan masyarakat Kepulauan Mentawai dalam menghadapi bencana khususnya gempa dan tsunami, yang mana kita ketahui baru-baru ini telah terjadi gempa berulang di Mentawai, khususnya di Pagai Selatan," ungkapnya. 

Ia meminta pihak pemerintah setempat melalui BPBD membangun kembali ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, misalnya mengadakan latihan simulasi mengahadapi bencana gempa dan tsunami, kemudian melatih keluarga tangguh bencana dan desa tangguh bencana.

"Untuk mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami kita harus membangun desa tangguh bencana dan keluarga tangguh bencana, jadi sampai di tingkat keluarga kita siapkan, kemudian pemerintah harus menyiapkan tempat evakuasi yang aman, tidak harus mahal, bisa dengan cara gotong royong," paparnya. 

Menurutnya pemerintah setempat melalui BPBD harus memetakan wilayah yang rentan terhadap bencana gempa dan tsunami kemudian melakukan edukasi tentang ketangguhan menghadapi bencana secara masif. Tidak hanya Mentawai, kata dia, Padang juga merupakan wilayah yang rentan dengan bencana gempa. 

"Daerah kita ini, memang sangat sangat rawan bencana gempa, tidak hanya Mentawai, Padang juga. Untuk itu kita harus menyiapkan masyarakat yang tangguh terhadap bencana, jadi ketika bencana terjadi masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukannya, jadi kita harus bisa hidup berdampingan dengan bencana," imbuhnya.

Disamping itu kedatangannya ke daerah Bumi Sikerei ini, juga memastikan peralatan dan mitigasi bencana di wilayah Mentawai dapat berfungsi dengan baik, selanjutnya mendengarkan langsung kendala yang dihadapi pemerintah setempat melalui BPBD dalam melakukan kegiatan penanggulangan bencana. 

Sementara itu Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengucapkan terimakasih kepada Kepala BNPB melalui Sestama yang telah memberikan perhatian khusus dan datang langsung ke Mentawai melihat kondisi Mentawai.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNPB atas perhatiannya terhadap Mentawai, dari Jakarta datang ke Sumatera Barat tujuannya Mentawai, tentu ini menjadi harapan bagi kami di Mentawai mendapatkan dukungan pusat dalam hal kebencanaan," pungkasnya. 

Rombongan Sestama BNPB dan BPBD Provinsi Sumatera Barat datang ke Mentawai menggunakan helikopter BNPB dan mendarat di lapangan sepak bola, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, disambut langsung oleh bupati, unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]