Bupati Pasaman Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kes 2020


Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:39:31 WIB
Bupati Pasaman Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kes 2020 Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Ketua TP PKK Suryani Nst, Kepala DPPKB Desrizal dan pejabat teras lainnya foto bersama usai acara pencanangan.

HARIANHALUAN.COM - Meski di tengah pandemi Covid-19, Bupati Pasaman Yusuf Lubis tetap mencanangkan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (PKK) Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes) tahun 2020. 

Pencanangan ini dilakukan secara virtual di Balairong Anak Nagari, Lubuksikaping, Kamis (22/10/2020). Turut hadir, Ketua TP PKK Suryani Nasution, Kepala DPPKB Desrizal, para camat, walinagari serta pejabat lainnya. 

Bupati Pasaman Yusuf Lubis meminta agar kegiatan PKK KB-Kesehatan pada tahun ini difokuskan untuk penggarapan di daerah kampung KB, dengan tetap mengikuti protokol Covid-19.

"Dan mengenai pelaksanaan koordinasi, bisa melalui rapat secara virtual, Whatsapp, sms, telepon dan sebagainya, apalagi pada saat ini daerah kita, Kabupaten Pasaman ditetapkan sebagai zona orange," katanya. 

Ia juga mengingatkan, petugas dalam memberikan pelayanan KB maupun pelayanan kesehatan kepada masyarakat, agar selalu melengkapi diri dengan APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker, sarung tangan dan pakaian pelindung (hazmat).

"Harapan kita kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap memperhatikan rencana kerja yang sudah disusun oleh masing-masing bidang, baik itu PKK, keluarga berencana maupun kesehatan," imbuhnya. 

Yusuf Lubis berharap, lewat program KB dapat mengatur kelahiran, sehingga memberikan kesempatan bagi sebuah keluarga untuk mengatur kebutuhannya dalam rangka mencapai kesejahteraan keluarga, terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak.

"Kesuksesan program KB dan kesehatan harus didukung oleh semua elemen. Diharapkan seluruh ASN harus menjadi contoh dan berada di garda terdepan dalam menyukseskan program KB di kampung KB," ujarnya. 

Sementara Ketua TP PKK Pasaman Suryani Yusuf Lubis berharap, para kader PKK agar terus memberikan pembinaan, pelayanan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat. 

"Terkhusus dalam menjaga kesehatan, keluarga berencana, pelestarian lingkungan hidup, pembinaan terhadap usaha ekonomi produktif dan pendidikan untuk anak usia dini melalui kelompok dasawisma, posyandu dan poskesri," pintanya. 

Dikatakan, kesatuan gerak PKK KKBPK-Kesehatan di Kabupaten Pasaman dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai sejak Oktober sampai Desember 2020. Kegiatan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga ke jorong-jorong. (*)
 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]