Kemenag Tanah Datar Peringati Hari Santri Nasional 2020


Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:44:33 WIB
Kemenag Tanah Datar Peringati Hari Santri Nasional 2020 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Apel Hari Santri Nasional (HSN) 2020 di Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Syahrul menjadi pembina apel yang digelar di halaman Kemenag, Kamis (22/10/2020).

Hadir sebagai peserta apel, Kasubag TU, Kasi Pontren, Kasi Penmad, Kasi Bimas Islam, penyelenggara Zawa, dan seluruh pimpinan pondok pesantren, kepala madrasah dan ASN Kantor Kemenag Tanah Datar.

Dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag Syahrul membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Rozi. "Santri sehat Indonesia kuat, agar dapat memberi motivasi bagi seluruh santri pondok pesantren, untuk tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda negara kita, selalu ajak mereka mematuhi himbauan pemerintah, jalankan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, agar kita bisa bersama memutus rantai penularan virus yang mengancam ini," katanya pada amanat yang dibacakan itu. 

Pembina apel Kakan Kemenag juga menjelaskan, HSN diperingati setiap 22 Oktober semenjak 2015 lalu. Peringatan Hari Santri Nasional ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 25 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, katanya. HSN menitikberatkan pada meneladani semangat jihad kepada para santri tentang ke-Indonesiaan yang digelorakan para ulama.

"Kita mengajak pimpinan pondok pesantren di Tanah Datar, mari kita tetap memberikan pembelajaran pada masa pandemi kepada santri kita, meskipun tidak bertatap muka, jangan  menyerah dan lengah dengan kondisi saat ini, teruslah berbuat untuk kebaikan dan ketaatan," katanya. 

Kepada peserta apel khususnya Kasubbag TU, para kasi, kepala madrasah dan seluruh ASN untuk selalu melaksanakan tausiahnya dengan baik karena setiap kinerja ASN itu dinilai.

Ia mengingatkan, kepada pimpinan madrasah yang menggunakan uang negara untuk pelaksanaan pendidikan agar bersiap-siap untuk diaudit tim Irjen Kemenag RI. "Karena setiap uang negara yang digunakan itu harus ada pertanggungjawabannya," katanya.

Pada akhir sambutannya Kakan Kemenag memimpin yel-yel, Santri Sehat, Indonesia Kuat. (*)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]