53 TPS Sepi Peminat, KPU Pasaman Perpanjang Lagi Masa Pendaftaran KPPS


Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:16:30 WIB
53 TPS Sepi Peminat, KPU Pasaman Perpanjang Lagi Masa Pendaftaran KPPS Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman memperpanjang masa pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah itu hingga besok, 23 Oktober 2020. Pasalnya, sejumlah TPS sepi peminat. 

Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Pemilih KPU Pasaman, Eria Candra mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran calon KPPS tersebut, bagi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tidak ada pendaftar atau pendaftar kurang dari jumlah kebutuhan yaitu tujuh orang pelamar KPPS.

"Kelengkapan dokumen syarat pendaftaran diantar langsung ke sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing nagari yang ada di Kabupaten Pasaman. Perpanjangan pendaftaran oleh PPS dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020," ujar Eria Candra, Kamis (22/10/2020).

Lewat Surat Pengumuman KPU Nomor; 338/PP.03.2-Pu/1308/KPU-Kab/X/2020, perpanjangan masa pendaftaran KPPS dilakukan di 53 TPS, tersebar di 17 nagari dari total 37 nagari dan di 8 kecamatan. Sebelumnya masa pendaftaran hanya sampai 12 Oktober namun diperpanjang hingga 18 Oktober 2020.

Erik menjelaskan total kebutuhan anggota KPPS untuk pilkada 2020 di Kabupaten Pasaman sebanyak 4.949 orang. Dengan jumlah TPS di daerah itu sebanyak 707. Dimana setiap TPS membutuhkan tujuh anggota KPPS, dengan masa tugas selama satu 
bulan. 

"Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Pasaman untuk bergabung bersama KPU sebagai KPPS. Nantinya ada seleksi administrasi dan wawancara oleh PPS. Setelahnya PPS menetapkan dalam surat keputusan atas nama KPU," katanya.

Untuk Pilkada tahun ini, kata Erik, honorarium KPPS mengalami kenaikan dibanding periode pemilu sebelumnya. Bagi ketua KPPS, akan diberikan honor sebesar Rp900 ribu dan anggota KPPS seberakan Rp850 ribu. Sedangkan, Pam TPS mendapatkan Rp650 ribu. (*)

Reporter : Yudi Lubis / Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]